Sapi Kurban Terjang Jamaah Salat

Sapi Kurban Terjang Jamaah Salat




Lokasi kejadian sapi lepas, terjang jamaah salat Id. Foto: JPNN


Rayapos | Depok - Seekor sapi jantan berusia 2,5 tahun lepas di Depok, Minggu (11/8/2019). Itu membuat panik jemaah masjid Jami Mazroatul Akhiroh, Depok. 


Ketua Dewan Kemakmuran Masjid Jami Mazroatul Akhiroh, Hasan Basri, mengatakan sapi jantan itu merupakan jenis PO (peranakan Ongole). 


Sapi itu, sebut Hasan, merupakan kurban jemaah masjid yang diikat di kebun belakang.


"Iya sapi itu kurban jemaah, bukan dari pemerintah atau instansi. Sapi emang sampai malam jam 02.00 WIB tadi. Sapinya agak lincahlah, nggak bisa diam," ucap Hasan.


Kemudian Hasan menjelaskan peristiwa sapi lepas itu terjadi sekitar pukul 06.40 WIB. Saat itu, sapi terlepas dari ikatannya dan jemaah masjid sedang menunaikan salat Idul Adha.


"(Kejadian) pas pelaksanaan salat Id mau baca suroh akhir, mau jelang satu rakaat selesai," ucap Hasan.


Hasan mengungkapkan, karena terlepas, sapi itu tiba-tiba berlari ke arah jemaah yang sedang salat. Jemaah pun menurutnya sempat panik dan membubarkan diri saat sapi lewat di depan mereka. Namun setelah itu jemaah tetap melanjutkan salat.


"Ini saat salat kejadiannya, sapi jalan terlepas itu, itu beberapa (orang) ngejar, terus lanjut salat lagi, orang satu rakaat belum, di dalam masih jalan (salat). Baru mau sujud," papar Hasan.


Hasan kemudian menjelaskan beberapa pemuda masjid mengejar sapi yang lari ke arah Jalan Raya Cipayung. Dia memastikan tidak ada korban saat kejadian itu.


Sementara itu, salah satu pemuda masjid yang sempat menyaksikan kejadian sapi lari itu juga menjelaskan sempat ada kepanikan. Ia sendiri mengaku sempat mendengar jeritan ibu-ibu.


"Ini saya lagi takbir nih, salat tetap lanjut saat itu, yang di dalam nggak panik, yang di luar panik tadi, saya denger jeritan ibu-ibu, udah ada teriak-teriak saya belum nengok, nah pas (sapi) udah nginjek konblok ini saya baru nengok, untung nggak ada korban" jelasnya. (*)