Ratu Elizabeth II Restui Pangeran Harry & Meghan Mundur

Ratu Elizabeth II Restui Pangeran Harry & Meghan Mundur




Ratu Elizabeth II dan Meghan Markle


Rayapos | Jakarta - Sikap Pangeran Harry dan Meghan Markle mundur dari keluarga Kerajaan Inggris, direstui Ratu Elizabeth II.

Ratu Elizabeth II dalam jumpa pers di kediamannya di  Sandringham, dilansir Reuters, Selasa (14/1) mengatakan: 

"Keluarga kami dan saya sepenuhnya mendukung keinginan Harry dan Meghan untuk menciptakan kehidupan baru sebagai keluarga muda,"

"Meskipun kami lebih suka mereka tetap menjadi anggota keluarga kerajaan yang bekerja penuh waktu, kami menghormati dan memahami keinginan mereka untuk menjalani kehidupan yang lebih mandiri sebagai keluarga, sambil tetap menjadi bagian yang berharga dari keluarga kami," sambungnya. 

Elizabeth II juga menyinggung Harry dan Meghan yang akan menghabiskan waktu di Inggris dan Kanada. Ia mengakui ini adalah masalah yang rumit. 

"Harry dan Meghan telah menjelaskan bahwa mereka tidak ingin bergantung pada dana negara dalam kehidupan baru mereka," kata dia. 

"Ini adalah masalah rumit yang harus diselesaikan keluarga, dan tetap ada beberapa pekerjaan yang harus dilakukan, saya telah meminta ada rapat untuk membahas keputusan akhir dalam beberapa hari mendatang," tutupnya. 

Harry dan Meghan sebelumnya membuat warga Inggris gempar setelah mengunggah sebuah pengumuman di akun instagram @sussexroyal, Kamis (9/1) lalu. 

Diberitakan AFP, Harry dan Meghan menyebut keputusan ini diambil setelah berdiskusi selama berbulan-bulan. 

Keduanya memilih menghabiskan waktu di Inggris dan Amerika Utara, serta fokus mengurus anaknya, Archie Mountbatten-Windsor. 

Pasangan ini juga tidak berkonsultasi dengan kerajaan sebelum membuat pengumuman. 

"Kami bermaksud untuk mundur sebagai anggota senior keluarga kerajaan dan akan bekerja untuk menjadi keluarga mandiri secara finansial, sembari terus mendukung Yang Mulia Ratu sepenuhnya," kata mereka dalam pernyataan resminya. (*)