Kaki Kivlan Akan Dioperasi Kamis Nanti

Rayapos | Jakarta - Berdasar keterangan pers kuasa hukum Kivlan Zein, Kivlan akan dioperasi di RSPAD Gatot Subroto Jakarta pada Rabu (9/10/2019).

Operasi berupa pengangkatan serpihan granat di paha kiri yang sudah bersarang di sana sejak 1977, atau sudah 42 tahun lalu.

Dijelaskan, pecahan granat itu bersarang di paha kiri Kivlan, saat berperang di Timor Timur 1977 saat dia berpangkat Kapten TNI.

Pada saat setelah terkena pecahan granat, sudah dioperasi. Pecahan logam sudah dikeluarkan. Namun berdasar pemeriksaan medis, ternyata masih tersisa.

Hasil pemeriksaan medis itu ditunjukkan dr Robert dan Kolonel Sudiono pada sidang kasus Kivlan, Kamis (3/10/2019).

Menurut kuasa hukum, berdasarkan informasi dari pihak keluarga Kivlan, pada 1977 sudah dilakukan beberapa operasi medis untuk mengangkat pecahan granat. Tapi, ternyata masih ada logam yang tersisa.

Mestinya, operasi medis itu dilaksanakan Sabtu (5/10/2019) hari ini. Tapi, dalam sidang lalu pihak Kivlan meminta operasi ditunda Kamis lusa.

Pihak keluarga Kivlan meminta pemerintah memberikan penghargaan kepada Kivlan. Permintaan itu sudah ditulis dan dibagikan di persidangan lalu. (*)