Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Kapal Karam di Sukabumi, Foto Citra Satelit


Sains

Kapal Karam di Sukabumi, Foto Citra Satelit

oleh. Andrew Tito- Sabtu, 20 Juni 2020 16:55 WIB
IMG
Foto: Google Maps

Rayapos | Sukabumi - Warganet dihebohkan benda mirip kapal karam di dasar lautan Pantai Cibangban, Desa Pasir Baru, Kecamatan Cisolok, Sukabumi. Sumbernya Google Maps.

Awalnya, postingan salah seorang warganet bernama Akbar Alfiana N di Facebook. Isinya, tangkapan gambar itu dari Google Maps.

Ramai viewers. Tapi tidak ada komentar penjelasan terkait gambar tersebut.

Di Google Maps dengan kata kunci 'Pantai Cibangban', tidak ada gambar yang dimaksud. 

Namun, Google Maps diubah ke citra satelit, barulah terlihat penampakan benda 'kapal karam'.

Ketika gambar diperbesar, benda itu memang mirip kapal. Gambarnya jelas seolah benda tersebut berada di dasar laut. 

Area citra satelit ini berada di kawasan pesisir Pantai Cibangban, Karang Aji dan Karang Hawu, yang satu kawasan di Teluk Palabuhanratu, Sukabumi.

Sekretaris Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Sukabumi, Ujang SB, setelah diberitahu wartawan, kaget adanya citra satelit itu.

"Bentuknya mirip kapal karam, tapi sampai saat ini, baik dari nelayan maupun sepengetahuan saya, belum ada laporan baik itu kapal di dasar laut yang karam atau kapal baru yang seperti itu," ucapnya.

Melihat kondisinya, Ujang menduga kapal itu berukuran cukup besar. 

"Kondisinya cukup besar, kalau memang pernah melintas pasti ada laporan ke kami dari nelayan. Namun sampai sejauh ini belum ada," kata Ujang. 

Ada dua kemungkinan: Pertama, para nelayan yang biasa lalu-lalang di perairan tersebut tidak memperhatikan. Mungkin karena bentuknya terlalu besar. Dan, nelayan tidak fokus memperhatikan dasar laut dari arah kapal.

Kedua, ada yang salah di citra satelit Google Maps. (*)