Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Australia dan Selandia Baru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023


Bola

Australia dan Selandia Baru Jadi Tuan Rumah Piala Dunia Wanita 2023

oleh. Rangga Ansori- Jumat, 26 Juni 2020 14:19 WIB
IMG
Gelaran Piala Dunia Wanita 2023 Australia-Selandia Baru akan berlangsung pada musim dingin.

RAYAPOS | JAKARTA – Australia dan Selandia ditunjuk FIFA sebagai tuan rumah Piala Dunia Sepakbola Wanita 2023, kedua negara tersebut ditunjuk sebagai tuan rumah bersama. Jumat (26/06/2020) WIB.

Edisi piala dunia wanita 2023 akan memainkan turnamen dengan format 32 negara peserta untuk pertama kalinya, dimana edisi sebelumnya hanya diikuti oleh 24 negara.

Turnamen ini direncanakan akan digelar mulai bulan Juli, dan selesai pada bulan Agustus. Waktu yang di pilih akan bertepatan dengan musim dingin, dimana periode musim di Australia merupakan kebalikan dari rata-rata cuaca di bumi bagian utara.

Penunjukan ini diumukan langsung oleh Presiden FIFA Gianni Infantino, dimana sebelumnya terdapat empat kandidat tuan rumah yaitu Australia-Selandia Baru, Jepang, Brazil, dan Kolombia.

"Proses penawaran sangat kompetitif. Kami ingin mengucapkan terima kasih kepada kedua penawar atas pekerjaan mereka yang luar biasa. Itu benar-benar disiapkan dengan sangat baik." ungkap Gianni.

Pada voting akhir Australia dan Selandia Baru mendapatkan suara sebanyak 22 dari 35 suara, sedangkan sainganya Kolombia hanya mendapatkan 13 suara.

Padahal sebelumnya skor yang Kolombia menurut penilaian FIFA hanya 2,8 dari 5,0, namun diluar dugaan mereka mampu mendapatkan suara sebanyak itu.

Bahkan Gianni sendiri pernah mengatakan bahwa menggelar Piala Dunia di Kolombia akan sangat membantu perkembangan sepakbola wanita di kawasan Amerika Selatan.

Pria berkebangsaan Italia itu bahkan ingin menggelar Piala Dunia Wanita setiap dua tahun sekali agar Amerika Selatan dan Afrika mendapat giliran untuk menjadi tuan rumah. Selain itu dirinya juga mengumumkan adanya peningkatan dana pengembangan untuk sepakbola wanita.

"Kami telah memutuskan untuk memberikan $ 1 milyar (£ 805 juta) untuk pengembangan sepakbola wanita dalam empat tahun mendatang," katanya.

"Kami mengalami tahun lalu di Prancis Piala Dunia Wanita yang fantastis. Itu memecahkan semua rekor. Ini membawa sepakbola wanita ke panggung yang benar-benar global." (**)