Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Dubes Tiongkok untuk Indonesia: Mari Kerjasama Atasi Covid-19


Peristiwa

Dubes Tiongkok untuk Indonesia: Mari Kerjasama Atasi Covid-19

oleh. Andrew Tito- Kamis, 25 Juni 2020 08:33 WIB
IMG
Dubes Tiongkok untuk Indonesia, H.E.Xiao Qian

Rayapos | Jakarta - Dubes Tiongkok untuk Indonesia, H.E.Xiao Qian, dalam siaran pers yang diterima Rayapos, Kamis (25/6/2020) menyitir peribahasa Tiongkok, demikian:

"Membangun jalan untuk melewati gunung, membuat jembatan untuk menyeberangi sungai."

Artinya, dalam menghadapi era new normal (kenormalan baru) terkait pandemi Covid-19, Indonesia-Tiongkok tetap bisa bekerjasama menuju kebaikan bersama.

Detil siaran pers tersebut sebagai berikut:

Covid-19 sebagai pandemi global ini telah berdampak parah pada negara-negara di seluruh dunia, termasuk Tiongkok dan Indonesia. Tiongkok dan Indonesia adalah tetangga bersahabat yang saling membantu. 

Sejak terjadinya epidemi, pemerintah dan rakyat kedua negara selalu berupaya bersama untuk mengatasi kesulitan. 

Kedua pihak bekerjasama erat dalam bidang bantuan dan pengadaan peralatan medis, pertukaran pengalaman diagnosis dan perawatan, penelitian dan pengembangan vaksin dan obat-obtan, serta pemulihan pembangunan ekonomi. 

Ini sepenuhnya mencerminkan persahabatan mendalam, yaitu ”Berat sama dijinjing, ringan sama dipikul”. Persahabatan antara kedua negara beserta rakyatnya semakin konsolidasi dan mendalam.

Tiongkok dan Indonesia adalah negara berkembang besar dan entitas pasar

berkembang. Ekonomi kedua negara berhubungan erat dan semakin terintegrasi

dengan ekonomi dunia. 

Kedua belah pihak memiliki tugas berat yang sama untuk mengalahkan epidemi, menstabilkan ekonomi dan menjamin kesejahteraan rakyat.

Saat ini pencegahan dan pengendalian epidemi telah memasuki era normal baru. Berbagai kalangan masyarakat sangat memperhatikan bahwa bagaimana kedua negara mengatasi dampak negatif dari epidemi.

Juga, mengkoordinasikan pencegahan dan pengendalian epidemi dan kemajuan hubungan bilateral, terutama kerjasama pragmatis kedua negara. 

Ini juga merupakan isu mendesak yang sedang dihadapi kedua negara. 

Perkembangan hubungan Tiongkok dan Indonesia sesuai dengan kepentingan mendasar kedua negara dan segenap rakyatnya, juga bermanfaat bagi perdamaian dan stabilitas regional dan internasional. 

Saling menguntungkan adalah intinya kerjasama ekonomi dan perdagangan Tiongkok dan Indonesia, karena telah mendatangkan keuntungan sejati bagi masyarakat kedua negara kita. 

Di Tiongkok ada sebuah pepatah, yaitu ”membangun jalan untuk melewati gunung, membuat jembatan untuk menyeberangi sungai”. 

Dalam menghadapi era normal baru ini,Tiongkok bersedia bersama-sama dengan pemerintah dan semua kalangan masyarakat Indonesia untuk memperkuat bantuan timbal balik dalam memerangi epidemi.

Juga, mempertahankan momentum positif perkembangan hubungan kedua negara, memperdalam kerjasama prakmatis di berbagai bidang, dan pada akhirnya mengalahkan pandemi Covid-19 dan mengatasi krisis. (*)