Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Cibinong City Mal Buka, Diperiksa Bupati Bogor


Peristiwa

Cibinong City Mal Buka, Diperiksa Bupati Bogor

oleh. Andrew Tito- Minggu, 07 Juni 2020 16:55 WIB
IMG
Bupati Bogor Ade Yasin inspeksi keCibinong City Mal. Foto: Detik

Rayapos | Bogor - Baru, Cibinong City Mall di Bogor, buka Minggu (7/6/2020) hari ini. Bupati Bogor Ade Yasin inspeksi kesiapan protokol pelaksanaan terkait pencegahan penularan corona.


Ade Yasin datang ke CCM, Kabupaten Bogor sekitar pukul 12.45 WIB siang tadi. 


Ditemani Kodim 0621/Kabupaten Bogor Letkol Inf Sukur Hermanto dan Kapolres Bogor AKBP Roland Ronaldy, dia melihat kesiapan penerapan protokol kesehatan di outlet-outlet.


Masih banyak outlet di CCM yang tutup. Beberapa toko yang buka sedang melakukan persiapan. 


Ada tenant tempat makan yang buka dan melayani pembelian dengan sistem delivery.


Bupati Bogor ini pun meminta ke pengelola mal agar jaga jarak bisa diterapkan ketika pengunjung datang. Sebab, dia melihat ada satu tenant tempat makan yang kurang menerapkan jaga jarak atau physical distancing.


Setelah menyambangi tempat makan, Ade melihat situasi di dalam toilet. Ade pun ingin agar protokol kesehatan ini terus diterapkan ditengah pembatasan sosial berskala besar (PSBB).


Usai melakukan peninjauan, Ade mengatakan CCM akan dibuka besok. Dia mengatakan pengelola mal harus bisa membatasi jumlah pengunjung yang masuk, yakni kapasitas maksimal 50 persen. 


Suhu tubuh pengunjung juga harus diperiksa, yakni tidak boleh diatas 37,5 derajat. Kalau lewat dari itu, wajib ditolak masuk.


"Kalau ada kapasitasnya (mal) 100, jadi 50 persen harus dipotong. Jadi hanya 50 orang yang bisa masuk ke sini dan itu harus dicek pakai checker. Jadi misalkan masuk 50, berarti penuh. Ditutup dulu dari luar dan ketika keluar 10 (orang), berarti masuk 10. Itu bergiliran sehingga ini harus terpantau," kata Ade.


Dia menambahkan kedisiplinan dan komitmen harus dilakukan ketika mal buka. Ade mengungkapkan CMM adalah mal yang pertama diaktivasi. Dia mengatakan aktivasi mal adalah uji coba sebelum menuju adaptasi kebiasaan baru (AKB).


"Kalaupun ternyata kita perlu uji coba atau di masa-masa social distancing ini melanggar, ya terpaksa harus dikembalikan lagi kepada semula, yaitu ditutup kembali. Ada (sanksi bila melanggar). Sanksi administrasi," ucap dia.


General Manager CMM, Dimas Ario menambahkan kesiapan mal untuk beroperasi kembali sudah 70 persen. Petugas dan protokol kesehatan sudah disiapkan. Besok, kata dia, sebagian outlet non pangan akan buka.


"Intinya sih 70 persen (CCM) sudah siap (buka). Hanya beberapa tenant yang besok jangan dulu buka, kalau sudah siap baru buka. Karena kondisinya sendiri ada beberapa yang masih proses persiapan," ujar Dimas. (*)