Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Seorang Penumpang KRL Positif Covid-19 Masuk RS Persahabatan


Peristiwa

Seorang Penumpang KRL Positif Covid-19 Masuk RS Persahabatan

oleh. Andrew Tito- Senin, 04 Mei 2020 19:34 WIB
IMG
Penumpang KRL Jabodetabek

Rayapos | Jakarta - Dari 3 penumpang KRL Jabodetabek yang posisi Covid-19, seorang masuk ke RS Persahabatan, Jakarta Timur. Lainnya isolasi mandiri.


Kepala Dinas Kesehatan Pemprov Jabar, Berli Hamdani mengatakan, penumpang dirujuk ke RS Persahabatan karena sudah lanjut usia dan memiliki penyakit penyerta. 


Sedangkan, dua lainnya diminta mengisolasi diri secara mandiri. 


"Ketiga itu ada yang harus dirujuk ke rumah sakit persahabatan karena kebetulan usianya sudah lanjut dan ada penyakit lain. Sedangkan lainnya kita minta untuk isolasi mandiri," kata Berli dalam keterangannya, Senin (4/5/2020).


Sebelum melakukan pemeriksaan, Dinkes Pemprov Jabar terlebih dahulu mencatat nomor telepon dan alamat para penumpang. 


Dengan demikian, pemprov dapat segera menghubungi mereka jika diperlukan. 


Berli mengatakan perlu kerja sama dari berbagai pihak untuk mengatasi penyebaran virus corona. 


Misalnya, KRL jika masih beroperasi harus menerapkan protokol kesehatan seperti social distancing antara para penumpang. 


"Ini membutuhkan kerja sama dari semua pihak. Contohnya dengan pihak KRL, ada rekomendasi tidak melakukan operasional KRL. Kalau tidak bisa total berhenti, harus menerapkan social distancing," jelasnya.


Sementara itu, Pemprov Jabar memiliki sekitar 40 ribu alat tes PCR dan baru 5 ribu yang digunakan. 


Jumlah tersebut, kata dia, jauh melampaui provinsi lainnya di Indonesia. Pemprov Jabar pun kini sedang berupaya agar memperoleh lebih dari 1.000 hasil tes dalam sehari.


Di sisi lain, juru bicara Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan COVID-19 Jabar, Daud Achmad, mengimbau para pengguna KRL mematuhi protokol kesehatan yang sudah ditetapkan untuk mengantisipasi penularan virus corona. 


"Jadi tadi disampaikan memang ada tiga penumpang KRL yang terpapar, dan ini juga barangkali kita khususnya pengguna KRL bahwa terapkanlah protokol sebagai penumpang dan ikuti aturan yang ada di kereta api," kata dia. (*)