Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
DR Almeida, Penemu Corona Virus pada 1964


Peristiwa

DR Almeida, Penemu Corona Virus pada 1964

Minggu, 19 April 2020 15:58 WIB
IMG
DR June Dalziel Almeida. Foto: BBC

Rayapos | Jakarta - Covid-19 ternyata diidentifikasi 1964. Oleh DR June Dalziel Almeida. Dalam penelitian di Laboratorium Rumah Sakit St Thomas, London, Inggris.


June Dalziel Almeida (5 Oktober 1930 - 1 Desember 2007) virologis Skotlandia. Pelopor pencitraan, identifikasi, dan diagnosis virus.


Dilansir dari BBC, June Dalziel Almeida lahir 5 Oktober 1930 dan dibesarkan di rumah petak dekat Alexandra Park di timur laut Glasgow, Skotlandia. Ayahnya sopir truk.


Dia meninggalkan sekolah dengan sedikit pendidikan formal. Belum tamat setingkat SMA.


Tapi di zaman itu, dia mendapat pekerjaan di laboratorium histopatologi di Glasgow Royal Infirmary. Lokasinya di ujung timur laut pusat kota Glasgow, Skotlandia.


Di usia 24, dia menikah dengan Enriques Almeida, seorang seniman Venezuela.


Kemudian keluarga baru itu pindah ke London, Inggris. Almeida bekerja di RS kecil di London.


Setelah dikaruniai seorang puteri, keluarga itu pindah ke Toronto, Kanada. Di sana Almeida bekerja di Ontario Cancer Institute, Kanada.


Di situlah potensi diri Almeida moncer. Hari-hari dia habiskan di laboratorium. Dia sangat tertarik pada virus.


Penulis medis terkenal di Kanada, George Winter, menuliskan, Almeida melakukan terobosan medis luar biasa di Ontario Cancer Institute.


Almeida, menggunakan mikroskop elektron, melakukan sesuatu yang baru. Yakni, memvisualisasikan virus menggunakan antibodi. Digabung.


Hasilnya, visualisasi virus jadi jauh lebih baik dibanding penelitian yang pernah ada. Itu jadi publikasi medis terkenal di Kanada.


Kemudian, bakat Almeida diakui di Inggris. Pemerintah Inggris menyatakan, Almeida yang hebat itu orang Inggris. Lantas pemerintah Inggris membujuk dia kembali.


Dr Almeida kembali ke Inggris, 1964. Bekerja di Rumah Sakit St Thomas di London.


Di situlah Almeida mengidentifikasi Covid-19. Pertama kali di dunia medis.


St Thomas, RS besar. Itulah RS yang (pada akhir Maret 2020) merawat Perdana Menteri Inggris, Boris Johnson ketika menderita Covid- 19.


Di situ pertama kali Covid-19 ditemukan, di situ pula Perdana Menteri Inggris dirawat dan sembuh dari Covid-19.

Tag: