Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas


Peristiwa

Gunung Semeru Keluarkan Awan Panas

Jumat, 17 April 2020 13:38 WIB
IMG
Gunung Semeru pagi tadi. Capture Kompas TV

Rayapos | Lumajang - Di tengah krisis pandemi Covid-19 sekarang, Gunung Semeru di Lumajang, Jawa Timur mengeluarkan guguran awan panas sejauh 3 KM. 


Guguran awan panas tersebut terjadi sekitar pukul 06.08 Wib dan terekam seismograf Pos Pengamatan Gunung Api (PGA) Semeru.


Amplitudo maksimum 7 mm dan lama gempa 300 detik. Meski begitu, status Gunung Semeru masih waspada level 2.



Kabid Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD Kabupaten Lumajang, Wawan Hadi Siswoyo kepada wartawan, Jumat (17/4/2020) mengatakan:


"Gunung Semeru hari Jumat pagi mengeluarkan guguran awan panas dengan jarak luncur 3 Kilometer mengarah ke wilayah Besuk Bang. Status Gunung Semeru masih waspada level 2." 


Petugas, jelas dia, mengimbau masyarakat agar tidak melakukan aktivitas dalam radius 1 Kilometer, dihitung mulai dari kawah aktif. 


Dan di wilayah sejauh 4 Kilometer di sektor lereng selatan-tenggara, wilayah bukaan kawah aktif Gunung Semeru (Jongring Seloko) sebagai alur luncuran awan panas guguran.


Masyarakat yang bermukim di bantaran sungai dan beraktivitas di wilayah Besuk Kembar, Besuk Kobokan dan Besuk Bang agar waspada ancaman bahaya aliran lahar.


"Kami mengimbau masyarakat untuk tidak melakukan aktivitas di wilayah sejauh 4 KM serta mewaspadai ancaman bahaya lahar," pungkas Wawan. (*)