Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
9 Ton Obat Corona Tiba di Jakarta dari Shanghai, Besok Pagi


Peristiwa

9 Ton Obat Corona Tiba di Jakarta dari Shanghai, Besok Pagi

oleh. Djono W. Oesman- Minggu, 22 Maret 2020 13:34 WIB
IMG
Ilustrasi pesawat Hercules.

Rayapos | Jakarta – Obat corona akan tiba di Indonesia dari Shanghai, China, Senin (23/3/2020) pagi. Ini dikatakan Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto dalam keterangan pers yang disiarkan BNPB, Minggu (22/3/2020).

Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto mengatakan, TNI telah menerbangkan pesawat Hercules ke Shanghai, China, untuk mengangkut peralatan dan obat untuk membantu kesembuhan pasien virus Corona (COVID-19).

Pesawat itu berkapasitas 9 ton. Diperkirakan, muatan bakal diisi maksimal.

“Informasi pengambilan obat di Shanghai, kita sudah terbangkan kemarin, satu pesawat Hercules dengan kapasitas membawa peralatan maupun obat kurang lebih 9 ton,” kata Hadi dalam konferensi pers yang disiarkan BNPB, Minggu (22/3/2020).

Pesawat itu betolak dari Shanghai, Minggu (22/3/2020) hari ini. Perkiraan tiba di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta, besok pagi.

“Hari ini mereka terbang dari Shanghai menuju ke Jakarta. Mungkin akan transit dulu di Ranai (Lanud Raden Sadjad Ranai, Natuna) karena jaraknya agak jauh. Dan besok pagi pesawat akan landing di Halim kurang-lebih pukul 09.30 WIB,” jelas Hadi.

Obat dan peralatan untuk penanganan Corona itu akan menjadi tanggung jawab Kepala BNPB, Doni Monardo selaku Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19.

“Dan barang-barang itu menjadi tanggung jawab Kepala Gugus Tugas, sehingga nanti akan digudangkan di Halim dan besok akan diterima oleh Wamenhan dan Kasum TNI,” ujarnya. (*)