Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Anies: Kita Mesti Serius Cegah Kebakaran


Peristiwa

Anies: Kita Mesti Serius Cegah Kebakaran

Minggu, 01 Maret 2020 10:34 WIB
IMG
Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan

Rayapos | Jakarta – Upacara HUT ke-101 Dinas Penanggulangan Kebakaran dan Keselamatan (Gulkarmat) Jakarta, Minggu (1/3/2020) pagi ini dihadiri Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan.

Di situ Anies Baswedan bicara tentang masalah klasik kebakaran di Jakarta.

Anies di kantor Gulkarmat DKI Jakarta, Jakarta Pusat, Minggu (1/3/2020) mengatakan:

“Begitu banyak kejadian karena kelalaian, kecerobohan, khususnya ketika menyangkut kebakaran di kota kita. Masalah hubungan arus pendek listrik menjadi masalah klasik.”

Anies meminta seluruh petugas kebakaran melakukan sosialisasi kepada masyarakat. Yang ditekankan Anies adalah soal instalasi listrik.

“Karena itu kita harus secara serius bisa bekerja mencegah, bisa bekerja mensosialisasi mengajak perubahan perilaku menyangkut pengelolaan aliran listrik di tempat tinggal kita masing-masing dan di seluruh kampung di Jakarta,” katanya.

Mantan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) itu berpesan kepada petugas kebakaran untuk memberi tanda perkampungan mana saja yang potensi kebakarannya tinggi.

Hal itu dilakukan untuk meningkatkan pencegahan.

“Karena itu kita secara teknis membutuhkan program untuk pencegahan di kampung-kampung, membangun kesadaran masyarakat bahkan memberikan tanda bagi kampung-kampung yang memiliki risiko kebakaran, karena penggunaan alat-alat listrik yang tidak sesuai,” katanya.

Lebih lanjut, Anies mengapresiasi kinerja petugas kebakaran.

Sebab, kata dia, ketika musibah datang biasanya orang-orang akan menjauh, tapi petugas damkar datang untuk membantu mengatasi musibah yang terjadi.

Selain petugas kebakaran, peserta yang mengikuti upacara HUT Dinas Gulkarmat DKI Jakarta ke-101 berasal dari Satpol PP DKI Jakarta, BPBD DKI Jakarta, Palang Merah Indonesia (PMI) DKI Jakarta, Dinas Perhubungan DKI Jakarta, dan Pramuka.

Dalam upacara ini juga turut ditampilkan alat-alat pemadam kebakaran, salah satunya robot pemadam kebakaran.

Robot itu berjenis LUF 60 dan dok-ing MVF-U3 yang siap membantu para petugas memadamkan api. (*)