Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Anies Tebang Pohon, Kapolda Tanam Pohon, Keren Mana?


Peristiwa

Anies Tebang Pohon, Kapolda Tanam Pohon, Keren Mana?

Jumat, 10 Januari 2020 17:55 WIB
IMG
Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana pimpin tanam 1.400 pohon di Jakarta. Foto: JPNN

Rayapos | Jakarta - Pemprov DKI Jakarta menebangi pohon-pohon besar, Polda Metro Jaya menanam 1.400 pohon. Kapolda Metro Jaya, Irjen Nana Sujana memimpin penanaman pohon di Hutan Kemayoran, Jakarta Pusat, Jumat (10/1/2020).

Seperti diberitakan, sekitar dua bulan lalu Pemprov DKI Jakarta menebangi ratusan pohon besar. Di wilayah Kramat, Cikini, dan wilayah lainnya.

Saat itu, Kadis Bina Marga DKI, Hari Nugroho, kepada wartawan (7/11/2018) mengatakan:

"Pokoknya, kalau ada pekerjaan trotoar sudah pasti ada yang direlokasi karena ada yang mengganggu, dan sebagainya." 

Hari ini, Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Nana Sujana menyinggung masalah banjir di Jakarta. Penanaman pohon untuk mengantisipasi banjir.

"Sambil lihat situasi, kita tahu saat ini di Jakarta masih dalam suasana bisa dikatakan darurat bencana banjir. Saya pikir ini menjadi beban saya juga dan harus dituntaskan bersama. Agar nanti saya tidak kepikiran lagi," kata Nana.

Ia mengungkapkan tujuan dari kegiatan yang menjadi program Polri adalah sebagai upaya preventif dalam menghadapi pemanasan global dan kemarau panjang di tanah air.

"Jadi memang tujuan kita menanam pohon ini merupakan upaya kita yang beberapa bulan sebelumnya dilanda pemanasan global, dan musim kemarau lama di Indonesia," katanya.

Diharapkan kata dia penanaman pohon secara masif dapat juga mencegah atau meminimalisir banjir di Jakarta ke depannya.

"Kita semua harus yakin dengan upaya yang kita lakukan saat ini semuanya akan memberikan dampak yang maksimal," kata Nana.

"Semakin banyak penghijauan, maka daya serap pohon terhadap air akan semakin maksimal. Pohon juga serap polusi di Jakarta di mana polusi cukup darurat. Banyak pohon, CO2 bisa banyak diserap," katanya.

Sebagai salah satu aparat dalam tiga pilar pemerintahan daerah, Nana menghimbau, agar Pemda, TNI, dan Polri mau mengajak peran serta masyarakat untuk menanam pohon.

"Kita aparat pemerintah, TNI, Pemda, dan Polri bisa beri yang terbaik dan ajak masyarakat tanam pohon. Bisa di halaman, sama lurah atau kades ada lahan kosong kita tanami, itu akan bermanfaat bagi lingkungan," sarannya.

Dirinya juga berterima kasih, kepada Dinas Lingkungan Hidup Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LH KLHK) RI yang telah bekerjasama dengan Polda Metro Jaya menyukseskan kegiatan penanaman 1.000 pohon ini.

"Pada kesempatan ini saya ucapkan terima kasih ke dinas LH KLHK, dalam hal ini membantu kerjasama dengan Polda Metro Jaya. Saya juga ucapkan terima kasih kepada panitia, Kapolres dan forkoppinda sudah bekerjasama demi terlaksana program ini," katanya.

Tidak lupa, secara singkat Nana juga memperkenalkan, para anggota keluarganya.

"Saya punya seorang istri yang saya ajak bertugas di Jakarta, kemudian saya punya 2 putri. Itu perkenalan saya," tuturnya.

Nana bersyukur, kegiatan sertijab dirinya dengan Kapolda Metro Jaya sebelumnya dapat berjalan dengan baik.

"Setelah mengikuti rangkaian sertijab dan resmi menjabat kapolda. Saya bersyukur selama rangkaian tersebut semuanya berjalan dengan baik," jelasnya.

Nana mengatakan hari Minggu esok dirinya akan ke NTB untuk mengadakan acara pisah sambut dengan Kapolda NTB yang baru.

"Minggu besok saya mau ke NTB, saya sebelumnya sebagai Kapolda di NTB, di Mataram Lombok, rencana besok berangkat, Senin laksanakan acara pataka kemudian pisah sambut, dan Selasa sudah kembali," terangnya. (*)