Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Ludahi Bakso Saran Dukun, Biar Laris


Hukrim

Ludahi Bakso Saran Dukun, Biar Laris

oleh. Andrew Tito- Jumat, 26 Juni 2020 15:32 WIB
IMG
Proses bakso diludahi pedagangnya. Capture CCTV

Rayapos | Jakarta - Mengapa sih, pedagang bakso keliling Windra Suherman meludahi mangkok sebelum diisi kuah? "Biar laris, pak," jawab Windra Suherman kepada penyidik polisi.

Polisi mendesak, siapa yang mengajari cara jorok itu? "Dukun saya, pak. Kalo mau laris, harus diludahi biar jadi pelanggan bakso saya," jawabnya.

Didesak terus, siapa dukun yang menganjurkan itu? "Namanya Joko, pak," katanya.

Di mana dia? "Dia orang sekampung saya di Garut (Jawa Barat)."

Ada kemungkinan, polisi akan mengejar dukun tersebut di Garut. Walaupun, sudah pasti si dukun bakal menyangkal.

Seperti sudah diberitakan, pedagang bakso keliling Windra Suherman ini ketangkap basah, meludahi mangkok bakso, sebelum diisi kuah. Itu terjadi di Jalan Meruya, Kembangan, Jakarta Barat, Senin (22/6/2020) pukul 17.53.

Keterangan waktu itu tepat, sebab kelakuan jorok Windra itu terekam kamera CCTV.  Sewaktu Windra dicokok polisi, dia membantah keras. Tapi, setelah dikonfrontir dengan bukti CCTV, dia akhirnya mengakui.

Kapolsek Kembangan, Kompol Imam Irawan saat dihubungi wartawan, Jumat (26/6/2020) mengatakan:

"Semalam (Kamis, tadi malam) anggota polisi belum yakin akan keterangannya sehingga didalami lagi. Setelah didalami lagi, ternyata dia ngakui itu diludahi." 

Sebelumnya, Kompol Imam mengatakan, pedagang tersebut dipulangkan setelah dimintai klarifikasi, dan Windra Suherman membantah keras. 

Namun, karena belum yakin akan keterangan pelaku, penyidik menginterogasinya kembali dengan bukti rekaman CCTV. Sehingga akhirnya pelaku mengakui telah meludahi bakso itu.

"Karena dari gambar terlihat jelas dan anggota nggak percaya begitu saja. Akhirnya dia mengakui," kata Imam.

Kepada polisi, pelaku mengaku telah meludahi bakso cuanki untuk penglaris. Pelaku mendapatkan perintah 'ritual' itu dari guru spiritualnya di Jawa Barat.

"Pelaku meludahi mangkuk bakso tersebut sesuai dengan amalan/ajaran yang dipelajari pelaku dari gurunya yang bernama Joko (guru spiritual/dukun) pada saat berada di kampungnya, daerah Jawa Barat, kurang-lebih 1 minggu yang lalu," katanya.

"Amalan tersebut dilaksanakan pada saat pertama kali jualan setelah kembali dari kampung. Adapun tujuan pelaku untuk mendapatkan penglaris/laku saat berjualan bakso," sambungnya.

Awalnya, pelaku berkilah bahwa dia tidak meludahi mangkuk tersebut, melainkan hanya mendekatkan penciumannya untuk mengetahui apakah mangkuk itu sudah diberi sambal atau belum.

Pelaku meludahi bakso tersebut setelah memasukkan bumbu ke mangkuk. Selanjutnya ia membaca mantra lalu meludahi mangkuk tersebut.

Video aksi pelaku ini sempat viral di media sosial. Dalam rekaman video terlihat pelaku membuat bakso pesanan pembeli. 

Dalam video, terlihat gerakan wajah pelaku mendekat ke mangkuk yang dinarasikan bahwa pelaku meludahi mangkuk pembeli. (*)

Ini videonya: