Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Kapal Selam Rusia ini Bertenaga Hybrid Diesel Nuklir


Bisnis

Kapal Selam Rusia ini Bertenaga Hybrid Diesel Nuklir

oleh. Djono W. Oesman- Senin, 24 Agustus 2020 11:24 WIB
IMG
Kapal Selam milik Rusia

Rayapos | Jakarta - Kapal selam milik Rusia, Sarov Class ini menggunakan hybrid diesel dengan reaktor nuklir mini sebagai tambahan listrik. Bobotnya saat menyelam 3.950 ton. Dilengkapi dua peluncur torpedo kaliber 665 milimeter.

Para analis militer Barat meyakini, Sarov Class dirancang untuk pengumpul data intelijen. 

Nama Sarov diambil dari nama kota yang juga sebagai lokasi pengembangan kapal selam ini.

Sarov Class didisain Rubin Design Bureau pada 1980-an. Pembangunan kapal selam ini dimulai pada tahun 1988 di Nizhny Novgorod, sebuah kota besar di Barat Rusia oleh Krasnoye Sormovo Shipyard dan Sevmash Shipyard. 

Namun krisis finansial yang melanda, terpaksa proyek ini istirahat satu dekade. Pada 2003, proyek kapal ini dilanjutkan di Severodvinsk.

Panjangnya 72,6 meter, lebar 9,9 meter, draught 7 meter.

Kombinasi unik diesel-listrik dan nuklir ini agar Sarov-class mampu bertahan lebih lama di dalam air. Kapal ini mampu bertahan selama 20 hari di dalam air dalam kondisi yang benar-benar hening tanpa terdeteksi sistem dasar laut hingga kapal selam musuh.

Banyak pihak yang meyakini bahwa kapal selam dengan 52 awak ini disokong propulsi Kristall-27 electrochemical generator ini mampu mengarungi dalamnya lautan (submerged speed) dengan kecepatan 17 knots dan kecepatan berlayar di permukaan (surface speed) 10 knots. 

Dari spesifikasinya, Sarov Class dapat menyelam sampai kedalaman 300 meter dan dapat berlayar tanpa bekal ulang hingga 45 hari. (*)