Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Bird Strike, Robek Pipi Pesawat AU Inggris


Eropa Amerika

Bird Strike, Robek Pipi Pesawat AU Inggris

oleh. Kemal Setiawan- Jumat, 26 Juni 2020 16:18 WIB
IMG
Pipi pesawat milik Angkatan Udara Inggris dirobek burung. Foto: Defpost

Rayapos | Jakarta - Burung pun bisa merobek badan pesawat. Bahkan, pesawat angkut berat Airbus A-400-M Atlas milik Angkatan Udara Inggris, pipinya dirobek burung. 

Dikutip dari Defpost, peristiwa itu terjadi di Lanud Getafe, Madrid, Spanyol, Kamis (25/6/2020).

Pesawat A-400-M Atlas nomer registrasi ZM409, tergolong besar dan berat. Bobot maksimum 141 ton itu lepas landas dari Lanud Getafe di Madrid, Spanyol, Kamis (25/6/2020).

Pesawat Airbus A-400-M Atlas segede ini, loh:


Mendadak terjadi bird strike yang merobek pipi pesawat.

Tidak ada korban luka dalam insiden ini. Tapi, terjangan bird strike mampu menyobek pipi sebelah kanan dan menimbulkan lubang yang mengarah ke fuselage.

Itu menyebabkan pesawat harus return to base. Walau belum diketahui tingkat kerusakan yang diakibatkan hantaman burung, namun nampak bangkai dan ceceran darah memenuhi bagian dalam fuselage yang dipadati perangkat dan instrumen pesawat. 

Bird strike (serangan burung) istilah yang lazim digunakan di penerbangan. Walaupun, istilah ini secara substansi, salah. 

Tidak mungkin burung (dengan sengaja) menyerang pesawat. Burung bunuh diri kah? Yang benar, burung tertabrak pesawat. Buktinya, darah burung berceceran di dalam pesawat, karena menembus pipi pesawat hingga berlubang.

Dilansir dari skybrary.aero, bird strike adalah tabrakan antara burung dan pesawat yang sedang terbang. 

Biasanya kejadian tersebut terjadi saat pesawat akan lepas landas (take off) atau mendarat (landing). 

Bird strike disebut sebagai kejadian yang biasa terjadi. Tapi, ini membahayakan keselamatan penerbangan.

Bird strike yang terjadi pada pesawat dapat berakibat pada struktur badan pesawat maupun pada mesin, khususnya mesin jet pesawat. 

Bila burung mengenai mesin pesawat, mesin akan kehilangan daya dorong dan burung akan terbawa ke intake udara mesin. Itu memungkinkan kecelakaan fatal.

Kegagalan mesin pesawat bisa terjadi pada sebagian maupun keseluruhan mesin. 

Hilangnya fungsi instrumen penerbangan tersebut terjadi karena adanya efek benturan pada sistem Pilot Static System yang dapat membuat kerusakan pada pembacaan instrumen dependen pesawat.

Kegagalan mesin secara keseluruhan maupun sebagian atau hanya pada satu mesin saja akan sangat mempengaruhi pesawat. 

Bila bird strike terjadi pada lebih dari satu mesin, maka pesawat kehilangan kontrol. 

Biasanya pada kasus tersebut, bird strike terjadi karena adanya sekawanan burung berukuran sedang atau sekelompok burung dengan ukuran kecil namun dalam jumlah banyak. (*)