Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Panser Unggulan Rusia Mogok Saat Defile Victory Day


Eropa Amerika

Panser Unggulan Rusia Mogok Saat Defile Victory Day

oleh. Andrew Tito- Kamis, 25 Juni 2020 09:29 WIB
IMG
Panser terbaru milik Rusia, VPK-7829 Bumerang mogok di parade militer Victory Day. Foto: AP

Rayapos | Moskow - Ini jarang terjadi. Di parade militer Victory Day di Red Square, Moskow, Rusia, Rabu (24/6/2020) panser terbaru VPK-7829 Bumerang, mendadak mogok di tengah defile.

Padahal, itu kendaraan tempur maskot Rusia. Yakni, panser VPK-7829 Bumerang 8×8, jenis panser yang digadang untuk menggantikan panser BTR-80A Korps Marinir mereka. 

Insiden terjadi pada Bumerang varian IFV (Infatry Fighting Vehicle) – VPK-7829 K-17 Bumerang. Bagian mesin kendaraan tempur (ranpur) itu kebakaran dan mengeluarkan asap kala melintas di tengah kerumunan penonton.

Dikutip dari defence-blog.com (25/4/2020), disebutkan bahwa ranpur amfibi modular ini adalah salah satu kebanggaan industri pertahanan Rusia. 

Sejumlah negara di Timur Tengah, Afrika dan Asia Tenggara, telah menyatakan tertarik pada panser Bumerang. 

Rosoboronexport melaporkan pada bulan April 2020, bahkan pernah merilis bahwa potensi penjualan Bumerang ke pasar ekspor dapat mencapai nilai US$1 miliar. 

Insiden kebakaran pada mesin Bumerang pada defile militer, jelas memalukan. Terlebih parade Victory Day dihadiri oleh perwakilan petinggi-petinggi militer dari negara sahabat Rusia.

Ini videonya:

Sekilas tentang VPK-7829 Bumerang, ranpur ini diproduksi oleh VPK company dalam dua varian, yaitu BTR-7829 K-16 Bumerang sebagai ranpur APC (Armoured Personnel Carrier) dan VPK-7829 K-17 Bumerang sebagai ranpur IFV (Infantry Fighting Vehicle). 

Untuk varian pertama, K-16 Bumerang dapat membawa 7 – 8 pasukan infanteri. 

Ranpur ini dipersenjatai senapan mesin berat 12,7 mm dengan remote control weapon station. 

Varian kedua, K-17 Bumerang dilengkapi senjata pemukul berupa kanon 30 mm atau meriam 57 mm.

Disokong mesin diesel dari Yaroslavl Engine Plant dengan kekuatan 750 hp, Bumerang dapat melesat dengan kecepatan maksimum di jalan mulus 100 km per jam, dan 50 km per jam di jalan offroad. 

Seputar kapabilitas amfibi, ranpur ini disokong dua unit propeller di bagian belakang. 

Itu menjadikan kecepatan mengarungnya mencapai 10 km per jam. Dengan kapasitas bahan bakar penuh, di jalan darat Bumerang dapat menjelajah sampai 800 km. Atau sekitar jarak Jakarta - Surabaya.

Sebagai IFV, K-17 Bumerang dilengkapi proteksi Afganit hard Kill countermeasures, yaitu sejenis radar untuk mendeteksi ancaman serangan dari roket/rudal anti tank dari jarak 4 – 200 meter dari posisi kendaraan. 

Dengan di deteksinya ancaman, sistem proteksi akan meluncurkan sekam untuk menghalau serangan. Guna menghindari efek ledakan dari Improvised Explosive Devices (IED), ground clearance Bumerang memang dibuat jauh lebih tinggi dibanding rata-rata ranpur produksi Rusia sebelumnya. (*)