Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Mantan Diplomat Korut Membelot ke Korsel


Asia

Mantan Diplomat Korut Membelot ke Korsel

oleh. Rangga Ansori- Rabu, 07 Oktober 2020 14:56 WIB
IMG
Kantor Kedutaan Besar Korea Utara di Kota Roma, Italia.

RAYAPOS | JAKARTA – Mantan Duta Besar Korea Utara untuk Italia bernama Jo Song Gil yang menghilang sejak dua tahun lalu dikabarkan telah membelot ke Korea Selatan.

Kabar menghilangnya mantan diplomat Korut yang ditugasnya di Kota Roma, Italia itu telah tersebar sejak November 2018 lalu. Kabar tersebut pertama kali diungkapkan oleh seorang anggota oposisi Majelis Nasional Korea Utara.

Jo Song Gil menghilang bersama sang istri setelah meninggalkan area kantor kedutaan Korea Utara tanpa keterangan yang jelas.

Dikutip dari Aljazeera (07/10/2020), seorang anggota oposisi Partai Kekuatan Rakyat bernama Ha Tae-keung mengatakan bahwa sang mantan diplomat memasuki Korea Selatan pada Juli 2019 lalu.

" Ia (Jo Song Gil) di bawah perlindungan pihak berwenang". kata Ha Tae-keung.

Sumber lain dari kantor berita nasional Korea Utara Yonhap melaporkan bahwa sang mantan diplomat tiba di Korea Selatan melalui tiga negara.

Yonhap juga menyebutkan bahwa sebelum memasuki Korea Selatan, Jo Song Gil berusaha meminta suaka dari tiga negara lain di bawah perlindungan Italia dan pemerintah lainya.

Hingga saat ini pihak Seoul masih belum mengkonfirmasi tudingan yang dilemparkan pihak Pyongyang.

Apabila laporan tersebut benar, maka Jo Song Gil akan menjadi pejabat tinggi Korea Utara kedua yang memutuskan untuk membelot ke Korea Selatan.

Sebelumnya pada tahun 2016, seorang diplomat senior Korea Utara lain bernama Thae Yong ho yang bertugas di London telah lebih dahulu membelot ke Korea Selatan.

Bahkan Thae Yong ho menjadi pembelot dari Korea Utara pertama yang mendapatkan memenangkan kursi parlemen.

Ia memenangkan satu kursi parlemen untuk Partai Oposisi Masa Depan Bersatu (UFP) di Distrik Gangnam-A, Korea Selatan. (**)