Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Tiongkok dan India Saling Tuduh Terkait Aksi Provokasi di Perbatasan


Asia

Tiongkok dan India Saling Tuduh Terkait Aksi Provokasi di Perbatasan

oleh. Rangga Ansori- Selasa, 08 September 2020 14:37 WIB
IMG
Bendera kedua negara dikibarkan di beberapa titik wilayah perbatasan.

RAYAPOS | JAKARTA – Tiongkok dan India saling tuduh terkait aksi provokasi militer di wilayah perbatasan kedua negara, sekitar pegunungan Himalaya. Senin (08/09/2020) WIB.

Dikutip dari Aljazeera, pihak Tiongkok menuding India bertanggung jawab atas tindakan beberapa tentaranya yang dengan sengaja menerobos garis perbatasan dan melakukan beberapa kali tembakan senjata.

Tiongkok menilai pihak India sengaja melakukan provokasi untuk memancing respon dari para peronel militer mereka di perbatasan.

Tudingan tersebut dikatakan langsung oleh Menteri Pertahanan Tiongkok Zhang Shuili dalam sebuah pernyataan.

"provokasi militer yang parah," kata Zhang Shuili .

"melepaskan tembakan untuk mengancam petugas patroli pertahanan perbatasan China".

"Pasukan pertahanan perbatasan China terpaksa mengambil tindakan pencegahan yang sesuai untuk menstabilkan situasi medan." tambahnya.

Namun dalam pernyataan tersebut pihak Tiongkok tidak menjelaskan bagaimana respon personel militer mereka setelah mendapatkan provokasi.

Melihat tudingan yang mengarah kepadanya, militer India menyebutkan bahwa apa yang disampaikan Menteri Pertahanan Tiongkok tidaklah benar.

Melaui seorang perwakilan, New Delhi menilai bahwa Tiongkok saat ini sedang memainkan retorikanya.

Berdasarkan laporan dari Komando militer barat China, insiden serangan tersebut terjadi pada hari Senin di sekitar pinggiran Danau Pangong, Shenpaoshan, Tiongkok.

Di sisi India, wilayah itu disebut sebagai Chushul. Perlu diketahui bahwa wilayah tersebut merupakan tempat dilaksanakanya mediasi antara pucuk pimpinan militer kedua negara.

Beberapa agenda mediasi telah diadakan dengan maksud untuk mengurangi tensi ketegangan antara kedua belah pihak. (**)