Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Dua Personel Pasukan Khusus India Tewas di Wilayah Perbatasan India-Cina


Asia

Dua Personel Pasukan Khusus India Tewas di Wilayah Perbatasan India-Cina

oleh. Rangga Ansori- Rabu, 02 September 2020 11:38 WIB
IMG
Konfoi Militer Cina di sekitar wilayah perbatasan Cina-India, Lembah Galwan.

RAYAPOS | JAKARTA – Dua orang personel pasukan khusus India dilaporkan tewas dalam sebuah insiden di sekitar wilayah perbatas antara India dengan Cina. Rabu (02/09/2020) WIB.

Hingga saat belum ada pihak yang mengakui adanya korban tewas, namun beberapa media lokal setempat mengatakan seorang orang tentara asal tibet dan seorang personel pasukan khusus India tewas di wilayah perbatasan dengan Cina.

Dikutip dari Aljazeera (02/09/2020), insiden yang menewaskan dua personel pasukan khusus India itu terjadi pada Sabtu (29/08/2020) di wilayah sekitar pegunungan Himalaya yang merupakan perbatasan antara India dengan Cina.

Tewasnya dua personel pasukan khusus militer India itu merupakan insiden kedua setelah insiden pertama yang terjadi dua bulan lalu.

Sebelumnya militer kedua negara sempat terlibat konfrontasi selama 24 jam yang menewaskan sekitar 20 orang dari pihak militer India. Pihak Cina sendiri telah mengkonfirmasi adanya korban jiwa, namun mereka tidak menyebutkan jumlah pastinya.

Hal tersebut tentu menimbulkan kekhawatiran banyak pihak terkait potensi terjadinya insiden susulan yang lebih serius. Insiden susulan mungkin saja terjadi, mengingat kedua negara telah terlibat konflik di perbatasan sejak tahun 1962.

Kendati belum ada pihak yang mengakui korban, namun seorang anggota parlemen Tibet bernama Namgyal Dolkar Lhagyari sempat mengkonfirmasi tewasnya satu orang personel militer negaranya.

Pernyataan tersebut disampaikanya kepada kantor berita AFP pada Selasa (01/09/2020) waktu setempat.

"tewas dalam bentrokan" kata Namgyal Dolkar Lhagyari.

Ia juga mengatakan bahwa terdapat banyak anggota personil militer perbatasan yang terluka dalam insiden tersebut berasal dari etnis tibet.

Dikabarkan para personil militer kedua negara terlibat konfrontasi dengan bersenjatakan tongkat kayu pada insiden pertama. (16/06/2020) (**)