Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Kekayaan Jack Ma Dilampaui Pemuda Ini


Asia

Kekayaan Jack Ma Dilampaui Pemuda Ini

oleh. Djono W. Oesman- Rabu, 24 Juni 2020 17:08 WIB
IMG
Colin Huang dan Jack Ma

Rayapos | Jakarta - Kekayaan Jack Ma (pemilik, pendiri Alibaba) sekarang ditaksir Forbes sekitar USD 43,9 miliar. Itu baru saja dilampaui pemuda bernama Colin Huang dengan kekayaan USD 45,4 miliar.

Itu kekayaan luar biasa. Nilai kurs kini Rp 14.726 per USD. Maka, kekayaan Jack Ma sekitar Rp 600,4 triliun. Sedangkan kekayaan Colin Huang sekitar Rp 668,5 triliun. Atau, Huang unggul Rp 68,1 triliun.

Data tersebut dikutip dari Forbes Real-Time Billionaire Index pada Minggu (21/6/2020). Tingkat akurasinya tidak bisa diukur. Tapi, Forbes adalah lembaga analis tunggal yang biasa melakukan riset kekayaan orang di dunia.

Siapakah Colin Huang?

Jack Ma, siapa pun tahu. Dia dikenal dunia sebagai pemilik sekaligus pendiri Alibaba. Sedangkan, Colin Huang hanya terkenal di Tiongkok.

Colin Huang kelahiran 1980. Dia pendiri e-commerce Pinduoduo. Perusahaan ini terus melejit dalam beberapa tahun belakangan ini.

Nilai saham Pindoduo naik 6 persen di bursa saham terbesar di Amerika, Nasdaq pada Jumat (19/6/2020). Itu kenaikan tertinggi sepanjang masa, dengan nilai kapitalisasi kenaikan USD 87,58.

Dengan kenaikan harga saham Pinduoduo itulah, kekayaan pemiliknya, Colin Huang, langsung melampaui kekayaan Jack Ma.

Kenaikan harga saham Pinduoduo itu, lebih dari 300 persen dibanding posisi tahun lalu. Boleh dibilang, Pinduoduo kini sedang moncer di Tiongkok.

Colin Huang ternyata mantan insinyur Google.

Dengan kinerja Pinduoduo itu, kekayaan Colin Huang kini sedang 'memburu' nilai kekayaan dua mantan Bos Google, Larry Page dengan kekayaan USD 64,3 miliar. Dan, Sergey Brin USD 62,6 miliar (versi Forbes juga).

Tapi, kekayaan Colin Huang telah melampaui kekayaan mantan CEO Google, Eric Schmidt yang USD 15,1 miliar.

Pinduoduo berdiri 2015. Dalam perjalanannya yang begitu singkat, telah menjadi salah satu bisnis ritel online terbesar di Tiongkok. Nilai kapitalisasi pasar sebesar USD 104 miliar.

Dengan kenaikan harga saham Pinduoduo yang demikian dahsyat, otomatis para investornya ikut menikmati gain. Antara lain, Tencent, Sequoia China dan Gaorong Capital (dikenal sebagai Banyan Capital).

Berdasarkan biografi yang dipublikasi Pinduoduo, Colin Huang meraih gelar sarjana (S-1) dalam bidang ilmu komputer dari Universitas Zhejiang di Hangzhou, provinsi Zhejiang. Itu lembaga pendidikan tinggi paling bergengsi di Tiongkok.

Kemudian dia ke Amerika. Dia meraih gelar magister dalam bidang ilmu komputer dari University of Wisconsin-Madison, Amerika.

Colin Huang memulai karirnya di Google, AS pada tahun 2004 (di usia 24). Di sana Huang dilatih sebagai ilmuwan data. Kemudian mempresentasikan karyanya di konferensi internasional ACM SIGMOD Conference dan International Conference on Machine Learning.

Kemudian dia dipercaya jadi salah satu insinyur di Google.

Beberapa tahun di Amerika, Colin Huang pulang ke Tiongkok. Mendirikan Google China, sebagai cabang Google.

Akhirnya dia mengundurkan diri dari Google, mendirikan Xinyoudi Studio. Ini  aplikasi game online. Waktu luangnya digunakan mendirikan Ouku.com. 

Ouku.com adalah perusahaan yang mengoperasikan platform online untuk elektronik konsumen dan peralatan rumah tangga. Inilah embrio Pinduoduo.

Kekayaan Jack Ma Merosot

Penyebaran virus Corona di Tiongkok, 2019 merusak perekonomian di sana (akhirnya ke seluruh dunia).

Itu juga 'menghajar' bisnis Alibaba milik Jack Ma. Dilaporkan, kekayaan Jack Ma lenyap sekira USD 1,5 miliar (setara Rp 22 triliun) per hari. Luar biasa dahsyat.

Lenyapnya harta Jack Ma per hari, dan terus-menerus itu akibat merosotnya harga saham Alibaba.

Dilansir dari Forbes, Senin (25/5/2020), harga saham Alibaba merosot di bursa saham New York akhir pekan lalu.

Saham Alibaba anjlok 5,9 persen menjadi USD 199,7 setelah Alibaba melaporkan laba bersih merosot 89 persen pada periode tiga bulan pertama hingga 31 Maret 2020.

Dalam laporan keuangan yang dipublikasi New York Stock Exchange, laba bersih Alibaba tercatat sebesar USD 447 juta.

Apa kata pihak manajemen Alibaba?

"Penurunan laba bersih disebabkan kerugian bersih pada pendapatan investasi, umumnya merefleksikan penurunan harga saham kami, dibandingkan kenaikan harga saham pada kuartal yang sama tahun 2019," kata pihak Alibaba.

Harga saham di bursa global terdampak terkait karena virus Corona. Pendapatan Alibaba selama pandemi virus corona tercatat naik 22 persen menjadi 16,1 miliar dollar AS.

Jack Ma sudah mundur dari jabatan pimpinan Alibaba, beberapa waktu lalu. Dia lantas fokus pada kegiatan amal.

Ia juga meninggalkan jabatan dewan pimpinan SoftBank Group pada 25 Juni 2020. SoftBank adalah salah satu investor awal Alibaba. Saat ini, SoftBank memiliki sekira seperempat dari total saham Alibaba.

Di tengah kelangkaan masker, pada Februari 2020, Jack Ma membantu Indonesia, dalam menangani penyebaran virus Covid-19.

Jack Ma, melalui Alibaba Foundation dan Jack Ma Foundation, mengirimkan dua juta masker dan puluhan ribu alat kesehatan ke Indonesia, Malaysia, Thailand, dan Filipina. Semuanya gratis.

Melalui keterangan resminya pada Jumat (20/03/2020), bantuan ini sebagai dukungan Jack Ma kepada Indonesia dan negara di Asia Tenggara agar dapat menangani penyebaran Covid-19.

“Kami akan terus bekerjasama dan mendukung negara-negara tetangga kami di Asia untuk bersama-sama menghadapi Covid-19,” ucap Jack Ma.

Untuk Indonesia sendiri, bantuan yang dikirimkan Jack Ma berupa dua juta masker dan puluhan ribu alat kesehatan seperti test kit, baju pelindung dan pelindung wajah.

“Bersama dengan Alibaba Foundation, kami akan mengirimkan dua juta masker, 150 ribu test kit, 20 ribu baju pelindung, dan 20 ribu pelindung wajah ke Indonesia, Malaysia, Filipina, dan Thailand. Selanjutnya, akan diikuti dengan bantuan untuk negara-negara Asia lainnya. Go Asia!,” tambahnya.

Sebelumnya, Jack Ma juga dikabarkan menyumbang dua juta masker kesehatan, untuk didistribusikan ke seluruh Eropa yang terdampak wabah virus corona.

So... nilai kekayaan Jack Ma sudah dilampaui Colin Huang. Dan, Jack Ma tenang saja. Dia justru membagikan hartanya untuk orang lain. Suatu sikap yang patut diteladani (*)