Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Mesir Mengumumkan Penemuan 59 Peti Mati Kuno


Afrika & Timur Tengah

Mesir Mengumumkan Penemuan 59 Peti Mati Kuno

oleh. Rangga Ansori- Senin, 05 Oktober 2020 14:21 WIB
IMG
Beberapa peti mati kuno telah berhasil diangkat dari dalam lubang sedalam 12 meter.

RAYAPOS | JAKARTA – Pemerintah Mesir mengumumkan penemuan 59 peti mati kuno di area pekuburan Saqqara, sebelah selatan Kota Kairo. Pengumuman tersebut disampaikan langsung oleh Menteri Pariwisata dan Barang Antik Khaled El-Anani.

Dilansir dari Aljazeera, kumpulan peti mati kuno itu ditemukan pada Sabtu (03/09/2020) saat para arkeolog membuka salah satu sarkofagus.

Tim arkeolog mengungkapkan bahwa mayat-mayat itu ditemukan dalam kondisi telah diawetkan, dan dibungkus menggunakan kain bertuliskan huruf hieroglif berwarna cerah.

Diperkirakan mayat yang diawetkan (mumi) itu telah terkubur selama lebih dari 2.500 tahun di dalam sebuah peti mati berbahan kayu.

Penemuan tersebut merupakan kabar gembira bagi Pemerintah Mesir yang sejak beberapa tahun lalu telah memberikan perhatian lebih terhadap riset sejarah dan bangunan kuno.

"Saya telah menyaksikan pembukaan salah satu peti mati ... mumi itu tampak seperti dimumikan kemarin," kata El-Anani.

Menteri Khaled El-Anany sebelumnya juga sempat mengumumkan penemuan 13 peti mati kuno melalui akun twitter pribadinya. (06/09/2020)

Namun tiga minggu berselang, penelitian yang dilakukan di lubang sedalam 12 meter itu kembali menghasilkan temuan peti mati kuno tambahan.

Sekjen Dewan Purbakala Tertinggi Mesir Mostafa Waziri juga mengungkapkan pernyataan senada dengan Menteri El-Anani.

"Kami sangat senang dengan penemuan ini," kata Mostafa Waziri.

Temuan peti mati itu diperkirakan berasal dari Periode Akhir Mesir kuno, sekitar abad ke enam sampai abad ketujuh sebelum masehi.

Penggalian di areal pekuburan kuno Saqqara itu telah menguak banyak sekali artefak kuno bermotif ular, burung, hingga kumbang (scarab). (**)