Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Unik, Resto di Purwokerto Tawarkan Sensasi Ngopi Diatas Bus


Pariwisata

Unik, Resto di Purwokerto Tawarkan Sensasi Ngopi Diatas Bus

oleh. Rangga Ansori- Kamis, 09 Juli 2020 12:28 WIB
IMG
Inovasi 'Bus on Caffe' pertama kali dibuka oleh beberapa perusahaan bus asal Jogja, Solo, dan Malang.

RAYAPOS | JAKARTA – Restoran di Purwokerto tawarkan sensasi ngopi sambil berkeliling menggunakan bus yang didesain sedemikian rupa sehingga dapat digunakan sebagaimana restoran berjalan.

Inovasi di sektor kuliner ini tentu dapat menjadi jawaban dari lesunya bisnis pariwisata selama tiga bulan terkahir, semenjak berlangsungnya pandemi Virus Corona (COVID-19).

Pengusaha kuliner pemilik Restoran Niki Eco yang berlokasi di Jl. Sutoyo No.8 Sawangan, Purwokerto, merupakan salah satu yang turut menerapkan inovasi penggunakan bus sebagai restoran berjalan.

Restoran yang berdiri sejak tahun 1969 ini sebelumnya terkenal dengan menu andalanya yaitu mie dan es durian.

Namun sejak beberapa tahun belakangan restoran ini melakukan beberapa inovasi, salah satunya adalah penerapan inovasi restoran berjalan yang baru akan di luncurkan pada 10 Juli 2020.

Pihak restoran mengoperasikan dua bus yang masing-masing dijadwalkan dalam empat kali trip setiap harinya. Bus A beroperasi pada pukul 11.00 WIB – 17.00 WIB, sedangkan Bus B beroperasi pada pukul 12.00 WIB – 19.00 WIB.

Menu yang ditawarkan juga sangat beragam, setiap jadwal trip menawarkan menu makanan yang berbeda-beda.

Tren restoran bus sebenarnya muncul sejak beberapa perusahaan otobus besar meluncurkan armada bus carter mewah yang dilengkapi beberapa fasilitas bak hotel bintang lima.

Bus Carter dengan fasilitas super mewah pertama kali ditawarkan oleh dua perusahaan bus, yaitu PO. Sumber Alam (Kutoarjo) dan PO. Nusantara (Kudus).

Sedangkan Inovasi restoran bus mula-mula pelopori oleh PO. Mata Trans (Solo) dengan armadanya yang dinamai ‘Transbuck Bus Cafe’.

Selain itu ada juga armada Scania dari PO. Rejeki Transport (Jogja) yang meluncurkan prorgam ‘Coffee on The Bus’ yang menawarkan sensasi ngopi sambil berkeliling kota. (**)