Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Gerontophobia, Phobia Terhadap Penuaan


Kesehatan

Gerontophobia, Phobia Terhadap Penuaan

oleh. Rangga Ansori- Senin, 08 Juni 2020 16:43 WIB
IMG
Gejala Gerontophobia biasanya muncul pada usia sekitar 30 tahun keatas.

RAYAPOS | JAKARTA – Phobia merupakan sebuah gangguan kecemasan yang membuat seseorang merasakan ketakutan yang berlebihan terhadap sebuah objek, bahkan seseorang bisa merasa takut terhadap sesuatu yang jelas-jelas bukan sebuah ancaman bagi dirinya.

Gerontophobia merupakan jenis phobia yang terbilang cukup unik, dimana si penderita akan merasakan ketakutan kepada penuaan, bahkan di tahap lanjut si penderita bisa ketakutan ketika melihat wajahnya sendiri.

Hal yang paling umum dialami oleh penderita Gerontophobia adalah rasa untuk takut menjadi tua, kebencian dan kemarahan ketika melihat orangtua, atau bisa juga takut kepada orangtua.

Jika ketakutan tersebut hanya sekedar ketakutan ringan, maka Gerontophobia tidak akan digolongkan menjadi jenis phobia yang berbahaya.

Faktanya para penderita Gerontophobia akan sangat merasa tertekan dengan perubahan kondisi fisiknya, atau fisik orang lain, bahkan mereka cenderung ingin mengakhiri hidupnya sebelum mengalami tanda-tanda penuaan yang berarti.

Bunuh diri biasanya akan dipilih oleh penderita Gerontophobia yang sudah berada dalam level ketakutan luar biasa.

Gejala awal Gerontophobia biasanya muncul pada usia pertengahan, pada usia 30an keatas biasanya seseorang mulai merasakan bahwa dirinya lambat laun menjadi tua.

Pada tahap awal penderita akan mulai merasa kehilangan Inferioritas, kehilangan identitas, dan harga diri.

Penyebab utama munculnya jenis phobia ini adalah budaya modern yang sangat menjunjung tinggi kecantikan dan ketampanan fisik, sehingga mereka yang merasa tidak memenuhi kriteria tersebut menganggap hidupnya tidak lagi berguna.

Gerontophobia dapat diobati menggunakan beberapa cara, misalnya menggunakan metode konseling dengan seorang konselor profesional, hipnoterapi, psikoterapi, dan konsumsi obat-obatan.

Phobia ini merupakan jenis masalah kejiwaan yang sulit untuk di deteksi lewat sudut pandang orang lain, namun jika diri kita atau seseorang yang kita kenal menunjukan gejala yang mirip maka segera cari bantuan. (**)