Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Inilah 5 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental


Kesehatan

Inilah 5 Makanan Sehat Untuk Menjaga Kesehatan Mental

Jumat, 29 Mei 2020 14:42 WIB
IMG
Gandum merupakan salah satu bahan makanan yang dapat membantu menjaga kesehatan mental.

Rayapos | Jakarta – Masa pandemi seperti sekarang ini telah banyak mempengaruhi kesehatan mental manusia, padahal kondisi mental yang kurang baik dapat membuat kita menjadi lebih beresiko terpapar virus.

Berbagai cara telah di yakini mampu menekan tingkat stres akibat terbatasnya mobilitas selama masa pandemi, seperti bermain game, mambaca buku, menonton film, hingga mengkonsumsi makanan yang dapat membantu mengurangi resiko stres berlebih.

Berikut ini adalah beberapa bahan makanan yang dapat dijadikan solusi untuk mengurangi tingkat stres karena mengandung zat-zat yang bermanfaat.

1. Minyak Ikan

Bahan makanan yang satu ini tentu tidak asing lagi di telinga masyarakat Indonesia, khususnya bagi mereka yang menggemari olahan ikan dan sea food. Minyak ikan telah bertahun-tahun lamanya dipercaya sebagai salah satu bahan makanan yang baik bagi perkembangan otak karena mengandung DHA (Omega-3).

Omega-3 sendiri merupakan asam lemak yang terkandung dalam bagian tubuh ikan, dimana zat tersebut dapat membantu meningkatkan memori dan bermanfaat bagi perkembangan otak secara optimal.

Manfaat lain dari Omega-3 adalah membantu proses diet, meningkatkan kesehatan mental, serta mengurangi tingkat stres seseorang. Kandungan Omega-3 dalam kadar tinggi biasanya ditemukan pada jenis-jenis ikan tertentu seperti Ikan Salmon, Ikan Trout, dan Udang.

2. Yoghurt

Bahan makanan ini terbuat dari fermentasi susu, dimana pada umumnya masyarakat meyakini bahwa Yoghurt sangat bermanfaat untuk kesehatan organ pencernaan. Selain baik bagi kesehatan organ pencernaan sebenarnya Yoghurt juga sangat bagi kesehatan mental.

Budaya mengkonsumsi Yoghurt sebagai tambahan probiotik sebenarnya menciptakan hubungan koneksi antara organ pencernaan dengan otak, dimana hubungan tersebut dapat membantu menjaga kondisi mental dan mengurangi tingkat stres yang dialami seseorang.

Beberapa penelitian terakhir telah menjelaskan besarnya manfaat mengkonsumsi Yoghurt, terutama saat kondisi pandemi yang dapat membuat kondisi mental menjadi drop.

3. Sayuran Hijau

Sayuran merupakan bahan makanan yang harus dikomsumsi oleh manusia untuk menjaga kesehatanya, dimana kandungan vitamin dan serat pada sayur sangat baik untuk menjaga sistem metabolisme tubuh.

Namun baru-baru ini sebuah penelitian yang diterbitkan oleh Neurology menjelaskan bahwa konsumsi sayur dalam porsi yang cukup dapat membantu menjaga kesehatan mental agar tidak drop. Jenis ayuran yang paling direkomendasikan dalam hal ini adalah sayuran hijau seperti sawi, bayam, buncis, dan lain sebagainya.

View this post on Instagram

🥬 【Kale】 こちらではどこのスーパーでも必ず見かけるケール。 野菜の王様と言われています。 これはカーリーケールというサラダに適した種類です。 日本でケールをはじめて食べたのは、流行りのチョップドサラダ屋さん。 名前は聞いたことあるけど、どんな野菜なのかピンと来なく、よく青汁に使われてると聞いて納得。 それほど元の姿が謎だった野菜。 最近ではデニーズにもサラダがあったかと思います。 栄養素は葉酸、カルシウム、ビタミンA,C,E,K、ルテインなどなど、食物繊維が豊富で免疫力も上がる素晴らしい野菜です。 1株とかではないので、だいたい数本束になり売られています。 ひとつだけでもかなりのボリューム。(写真2枚目) お値段もサニーレタスなどに比べたらお安い気が。 気軽にスーパーが摂れるのはありがたい限りです。 #kale #superfood #vagetable #canada #canadalife #🇨🇦 #ケール #スーパーフード #野菜の王様 #カナダ #カナダ生活 #チョップドサラダ #カナダの野菜

A post shared by カナダにいるハリネズミ好き🦔 (@hedgehoglover_in_canada) on

4. Kacang Kenari

Hal utama yang terpikirkan ketika kita melihat manfaat kacang-kacangan bagi kesehatan adalah kandungan serat yang sangat tinggi. Namun ada beberapa jenis kacang yang memiliki kandungan lebih yang sangat baik untuk menjaga kondisi kesehatan mental.

Kacang Kenari adalah salah satu jenis kacang-kacangan yang mengandung antioksidan, dimana kandungan ini dapat membantu menghambat terjadinya oksidasi pada otak manusia. Lebih hebatnya lagi kandungan dalam kacang kenari dapat neuron baru, artinya konsumsi kacang kenari dapat membantu pertumbuhan sel-sel baru pada otak.

5. Gandum Utuh

Gandum merupakan bahan makanan yang menjadi rekomendasi bagi program diet, dimana kandungan karbohidrat dalam gandum lebih bersahabat ketimbang yang terkandung pada beras.

Namun beberapa penelitian membuktikan bahwa gandung mengandung triptofan dan asam amino yang membantu pembentukan serotonin. Serotonin yang terbentuk nantinya akan membantu menenangkan pikiranm meningkatkan mood, dan memperbaiki siklus tidur.

(**)