Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Borussia Dortmund 2-1 PSG : 5 Fakta Tumbangnya The Parisian di Signal Iduna Park.


Bola

Borussia Dortmund 2-1 PSG : 5 Fakta Tumbangnya The Parisian di Signal Iduna Park.

by. Rangga- 19 Feb 90 Views
IMG
Erling Haaland melakukan selebrasi usai cetak gol kedua. Foto : Fox Sport Asia

1. Ledakan Erling Haaland

Pemain muda timnas Norwegia ini baru saja di anugerahi gelar sebagai Player of The Week Bundesliga untuk edisi bulan Januari. Erling Haaland kembali bermain di babak 16 besar Liga Champions Eropa untuk membela Klub barunya Borussia Dortmund, sebelumnya Haaland gagal di fase penyisihan group bersama mantan Klub-nya Red Bull Salzburg. Pemuda 19 tahun ini langsung menunjukan performa impresif semenjak menit awal, hingga akhirnya mencetak gol pertama pada menit ke-69’ untuk membawa Dortmund unggul 1-0 atas PSG di babak kedua. PSG sempat menyamakan kedudukan pada menit ke-75’ setelah Neymar mencetak gol untuk merubah kedudukan menjadi 1-1, hingga di menit ke77’ Haaland kembali menggetarkan jaring gawang PSG lewat sepakan terukur ke pojok gawang untuk mengunci kemenangan Dortmund dengan skor 2-1. Hasil pertandingan semalam menambah jumlah torehan gol Erling Haaland menjadI total 10 gol hanya dalam 7 laga Liga Champions dengan 2 klub berbeda.

2. Verrati Absen di Leg-Kedua

Langkah PSG untuk membalikan keadaan di Leg-Kedua akan sedikit tersendat dengan absen-nya salah satu pilar lini tengah mereka yaitu Marco Verratti karena akumulasi kartu. Verratti yang berposisi sebagai playmaker seharusnya memainkan peran yang sangat vital di lini tengah PSG dalam membangun pola serangan serta menyeimbangkan tempo permainan. Protes keras Verratti pada menit ke-89’ membuat dirinya diganjar kartu kuning oleh sang pengadil pertandingan dan membuatnya dipastikan absen di laga selanjutnya.

3. Posisi Thomas Tuchel

Posisi pelatih PSG Thomas Tuchel yang semakin berada di ujung tanduk setelah beberapa raihan yang kurang memuaskan di beberapa laga. Tuchel terlihat tidak menunjukan reaksi berebihan ketikan anak asuhnya mampu menyamakan skor di menjadi 1-1 di babak kedua, hingga akhirnya kembali tertinggal beberapa menit kemudian. Hal ini membuat banyak pihak mulai berspekulasi terkait masa depan Tuchel bersama PSG. Nasib Tuchel bisa jadi akan ditentulkan di laga berikutnya, dimana kekalahan di Leg-Kedua akan mengubur mimpi PSG untuk mengangkat ”Si Kuping Besar”.

4. Duet Sancho-Haaland tenggelamkan Duet Neymar-Mbappe

Laga semalam seharusnya menjadi ajang pertunjukan skill bagi duet penyerang termahal di dunia saat ini yaitu Neymar Jr. dan Kylan Mbappe, namun semua berubah ketika Duet Sancho-Haaland justru bermain mendominasi. Sancho-Haaland benar-benar menungguli seniornya pada laga malam tadi, hal ini dibuktikan dengan penampilan apik yang membawa klubnya memenangkan pertandingan dengan skor 2-1. Neymar-Mbappe sendiri justru tidak mampu tampil maksimal pada laga semalam, hal ini dikarenakan dominasi permainan Dortmund yang tidak memberikan mereka ruang yang cukup untuk berkreasi.

5. PSG Semakin di Ragukan.

Inkonsistensi performa yang ditunjukan oleh PSG di beberapa laga membuat banyak orang mulai berspekulasi negatif terkait peluangnya meraih gelar juara Liga Champions. Kinerja buruk PSG di Signal Iduna Park semalam membuat banyak orang  mulai meragukan kans juara mereka, dimana Dortmund sendiri dinilai sebagai tim muda yang belum siap untuk memenangkan gelar Liga Champions. Jika PSG kesulitan untuk mengalahkan Dortmund maka laga-laga melawan klub mapan seperti Liverpool dan Real Madrid akan menjadi sangat berat.