Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Goodbye... McD Sarinah


Bisnis

Goodbye... McD Sarinah

11 May 121 Views
IMG
Bekas gedung McD Sarinah.

Rayapos | Jakarta - Para karyawan McDonald's Sarinah di Jalan Thamrin, Jakarta Pusat, sudah mengadakan acara perpisahan pada Minggu (10/5/2020) malam. Dan, hari ini restoran yang bukan sejak 1991 itu ditutup selamanya.


Gedung McD Sarinah tampak sepi. Beberapa kaca restoran yang biasanya terdapat stiker McDonalds kini ditutup dengan kerta putih.


Tak terlihat jelas, apakah bagian dalam restoran sudah bersih, setelah petugas melakukan pembongkaran dan pemindahan beberapa  sarana dan prasarana restoran.


Hanya saja ada beberapa petugas yang terlihat di lantai atas restoran tengah mencopot beberapa fasilitas restoran seperti kipas angin yang terpasang di ruang area smoking atau balkon.


Mereka juga mencopot kabel-kabel listrik yang terpasang. Tak ada aktifitas lain di restoran itu kecuali aktifitas petugas yang tengah membongkar sarana yang ada di dalam.


Sementara papan iklan yang terpadang di lantai atas pun juga sudah dilepas, bahkan logo McDonalds yang biasanya terlihat jelas juga sudah terbongkar, hanya menyisakan bekas tulisan McDonalds dari debu yang menempel.


Salah seorang petugas keamanan di sekitar lokasi mengatakan, setelah resmi ditutup sejak Minggu (10/5/2020) malam, hingga Senin (11/5/2020) pagi tadi tidak ada aktifitas lain selain berapa petugas yang tengah melakukan pembongkaran fasilitas di sana.


"Ya begini aja dari pagi. Nggak ada apa-apa, sepi. Dari tadi juga sepi cuma yang bongkar-bongkar aja itu di atas," kata seorang petugas keamanan di lokasi, Senin (11/5/2020).


Sebelumnya, Associate Director of Communication McDonald's Indonesia, Sutji Lantyka, mengatakan, penutupan McD Sarinah dilakukan berdasarkan permintaan resmi manajemen gedung sarinah.


Dimana menurut dia, gedung sarinah akan dilakukan renovasi dan perubahan strategi bisnis. Sehingga McD Sarinah tidak masuk dalam kategori yang masuk dalam strategi bisnis itu.


"Memang kita di minta untuk keluar dari Sarinah karena manajemen Sarinah memutuskan untuk merenovasi gedung Sarinah ini dan menganti konsepnya," kata Sutji Lantyka, pekan kemarin.


Dengan konsep baru yang akan dihadirkan oleh manajemen Sarinah, dianggap tidak cocok dengan restoran cepat saji McD Indonesia, sehingga dengan kondisi itu, pihak manajemen Sarinah meminta McD Sarinah untuk tutup permanen. "Kalau konsepnya seperti apa saya kurang paham mungkin bisa tanyakan ke manajemen Sarinah," katanya.


Menurut Sutji, sejak beroperasinya McD Sarinah pada 14 Februari 1991 hingga tahun 2020 tentunya sudah jutaan konsumen yang telah datang bahkan mungkin saja memiliki kenangan ketika singgah ke McD Sarinah.


Terlebih McD Sarinah menempati salah satu sudut pusat perbelanjaan Sarinah Thamrin, Jakarta yang memang mudah di jangkau oleh kalangan masyarakat. Apalagi McDonald’s Thamrin adalah flagship store yang menjadi tonggak sejarah kehadiran McDonald’s di Indonesia


"Ya pasti semua merasa sedih ya, karena ini kan restoran pertama di Indonesia. Kita itu buka pertama tahun 1991 di sini. Pasti tentunya banyak kenangan dan sejarah di sini," katanya.


Walaupun tutup secara permanen, Sutji memastikan para karyawan yang berkerja di McD Sarinah tetap akan berkerja di McD, para karyawan nantinya akan dk pindahkan ke beberapa McD yang ada di seputar Jakarta. "Karyawan kita relokasi kita sebar ke beberarap restoran lain," katanya.


Menurut Sutji keputusan untuk menutup McD Sarinah pada Jumat (10/5/2020) pukul 22.05 , dikarenakan selama sisa batas waktu hingga akhir Mei akan digunakan untuk mengosongkan semua barang-barang yang ada di McD Sarinah.


"Sebenarnya batas waktu kita itu sampai akhir bulan cuma kan sudah berdekatan dengan Lebaran ya, jadi kita manfaatkan beberapa hari untuk tutup itu buat memindahkan dan mengosongkan barang di sini. Kalau masih ada pengujung kan sulit jadinya," ucapnya. (*)

Tag:

Category