Anies Bilang Peserta Reuni Ratusan Ribu, Diralat Jutaan

Anies Bilang Peserta Reuni Ratusan Ribu, Diralat Jutaan

Oleh: Djono W Oesman




Peserta reuni 212 di Monas, Senin (2/12/2019). Foto: Antara


Rayapos | Jakarta - Massa aksi Reuni 212 membubarkan diri pukul 08.00 tadi. Lalu lintas di sekitar stasiun Tanah Abang hingga Jl Abdul Muis padat.

Pantauan di sekitar stasiun hingga Jl Abdul Muis, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019) pukul 08.45 WIB sampai 09.15 WIB, terlihat massa mulai bergerak menuju stasiun KA.

Ada massa yang berjalan kaki, ada juga yang menggunakan kendaraan bermotor.

Jl Jatibaru pun tampak padat. Kepadatan berlanjut di ruas Jl Abdul Muis arah Harmoni dan sebaliknya.

Terlihat massa mengambil kendaraan yang diparkir di trotoar atau massa yang memasuki bus rombongan. Lalin mulai lancar di belakang kantor Kemenko PMK arah Harmoni.

Jl Medan Merdeka Selatan arah Balai Kota DKI Jakarta juga tampak ditutup karena banyak kendaraan yang terparkir di lokasi itu. Sementara itu Jalan Medan Merdeka Selatan dari arah Balai Kota menuju Patung Kuda tampak macet.

Anies Bilang Ratusan Ribu Peserta, Diralat Panitia Jutaan

Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan hadir dalam acara Reuni 212. Anies menyebut peserta reuni ratusan ribu namun dikoreksi panitia jadi jutaan.

Awalnya Anies mengatakan acara Reuni 212 berlangsung dengan penuh kedamaian. Dia berharap acara mendapatkan rida dari Allah SWT.

"Alhamdulilllah kita mulai dengan bersyukur kepada Allah SWT pagi hari ini dalam suasana begitu teduh, tenang, aman dan damai, maulid akbar berlangsung di Monas dalam keadaan yang Insyaallah penuh keberkahan dari Allah SWT," ujar Anies saat menyampaikan sambutan di Monas, Jakarta Pusat, Senin (2/12/2019).

Anies bersyukur acara Reuni 212 untuk kesekian kalinya berlangsung dengan lancar. Acara menurut Anies mengirimkan pesan kedamaian.

"Kami bersyukur alhamdulillah untuk kesekian kalinya, tepatnya ini yang keempat kalinya, Monas menjadi tempat di mana semua berkumpul di mana di lapangan besar ini dikirimkan pesan bahwa jumlah bisa banyak ratusan ribu berkumpul dari seluruh penjuru ketika sampai di tempat ini pesan yang dikirimkan adalah semua hadir mengirimkan pesan damai, aman dan meneduhkan bagi semua," ujar dia.

Barulah Anies menyebut peserta Reuni 212 yang hadir berjumlah ratusan ribu. Namun tampak ada yang mengoreksi Anies mengenai jumlah tersebut menjadi jutaan orang.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, ratusan ribu yang datang banyak yang khawatir, Insyaallah hari ini ketika semua berkumpul maka yang dikirimkan pesan yang sama hari ini, semua berjalan dengan tenang dan damai," ujar Anies.

"Jutaan jumlahnya ya, jutaan tuh katanya," sambung Anies setelah ada yang mengoreksi mengenai jumlah peserta. (*)