Jakarta, NY IMG HI 58° LO 56°
IMG-LOGO
Berita Cepat dan Akurat
Calon Pemimpin ISIS Dibekuk Intel Irak


Afrika & Timur Tengah

Calon Pemimpin ISIS Dibekuk Intel Irak

by. Andrew Tito- 21 May 37 Views
IMG
Nasser al-Qirdash baju kuning. Foto" Alarabiya

Rayapos | Jakarta - Pemerintah Irak menangkap calon penerus pemimpin kelompok ISIS, Abu Bakr al-Baghdadi (yang sudah tewas beberapa waktu lalu) di Irak, Rabu (20/5/2020).


Dalam pernyataan singkat pada Rabu, 20 Mei 2020 waktu Baghdad, Dinas Intelijen Irak mengumumkan:


"Hari ini, teroris bernama Nasser al-Qirdash, calon penerus bandit (Abu Bakr) al-Baghdadi, si pemimpin ISIS di Irak dan Suriah, sudah dibekuk".


Kantor berita al-Sumaria, mengabarkan pengumuman Dinas Intelijen tersebut disertai foto al-Qirdash dalam keadaan diborgol. 


Ia mengenakan pakaian warna kuning terang dengan mata ditutup.


Abu Bakr al-Baghdadi tewas akibat serangan pasukan khusus Amerika Serikat di sebuah desa di Provinsi Idlib, Suriah, Oktober tahun lalu.


Setelah itu kelompok ISIS menunjuk Abu Ibrahim al-Hashemi al-Quraishi sebagai pengganti Abu Bakr. Sedangkan, Nasser al-Qirdash sebagai wakilnya.


Kemudian, Nasser al-Qirdash akan melanjutkan memimpin ISIS.


Kelompok ISIS sempat selama sekitar tiga tahun menguasai sebagian wilayah Irak dan Suriah. 


Namun, pada akhir 2017 pemerintah Irak berhasil mengikis habis kekuasaan ISIS di sebagian besar wilayah yang dikuasainya.


Pengumuman penangkapan al-Qirdash berbarengan dengan peningkatan serangan yang diduga oleh gerilyawan ISIS di kawasan Kurdi, wilayah utara Irak.


Serangan dari sisa-sisa ISIS tersebut terjadi di kawasan antara Kirkuk, Salahuddin dan Diyala yang dijuluki "Segitiga Maut". (*)

Category