Ridwan Kamil optimis Pilgub Jabar berlangsung tanpa perpecahan

rayapos.com - Ridwan Kamil - Hoax
Wali Kota Bandung, M Ridwan Kamil (Foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Wali Kota Bandung M Ridwan Kamil optimistis pelaksanaan Pilgub Jawa Barat 2018 akan berlangsung tanpa perpecahan atau polarisasi dari dua kelompok pendukung pasangan calon.

“Pilgub Jawa Barat 2018, Insya Allah akan berjalan baik sesuai harapannya. Di Jabar mah harus santai, kreatif, santun, jualan gagasan,” ungkap Ridwan Kamil seperti dilansir laman Antara, Jumat (21/4).

Ia menambahkan, dirinya yakin Saya para calon gubernur dan wagub Jabar bisa berkompetisi dengan cara baik-baik.

Pria yang akrab disapa Kang Emil ini memasang dua syarat utama terkait pengusungnya pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur Jawa Barat 2018.

“Saya mah tidak ingin berkompetisi dalam ajang ini jika mengedepankan cara-cara kotor,” tegasnya.

Ia menuturkan syarat pertama adalah dirinya ingin menang dengan akhlak yang baik dan melalui syarat ini dirinya meminta partai dan pihak pengusung lainnya agar tidak melakukan kampanye hitam dan saling menjelekkan.

“Jadi jangan bully-bully-an, jangan black campaign. Saya ingin menang dengan cara ilmiah, yakni beradu gagasan terkait program pembangunan. Menang dengan gagasan, jangan nginjek kepala orang. Menang dengan ilmu, jangan ‘jarambah’,” tuturnya.

Menurut kang Emil, jika seluruh kandidat meraih kemenangan dengan cara seperti itu artinya kualitas demokrasi akan semakin baik. “Sehingga Demokrasi di Indonesia akan naik kelas,” tegasnya.

Kang Emil menyampaikan, harapan akan kualitas demokrasi ini mengacu pada Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernur DKI Jakarta Tahun 2017 ini. Ia menilai, jalannya pelaksanaan pilkada di Jakarta belum menunjukkan kualitas yang bagus.

“Kalau masih seperti pilkada Jakarta, peradaban demokrasi Indonesia belum naik kelas,” tukasnya.[*]

BAGIKAN