Puan tinjau kesiapan pelaksanaan haji di Saudi

rayapos.com - Puan tinjau pelaksanaan ibadah Haji
Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani. (Foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Puan Maharani meninjau langsung kesiapan pelaksanaan ibadah haji 2017 atau 1438 H di Arab Saudi.

“Sukses penyelenggaraan ibadah haji tak lepas dari upaya kerja bersama dan gotong royong,” kata Puan dalam keterangan tertulisnya yang diterima di Jakarta, Jumat.

Puan mengunjungi pemondokan dan tempat-tempat lainnya yang akan digunakan oleh calon jemaah haji Indonesia di Madinah bersama Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin dan Menteri Kesehatan Nila Moeloek.

Menko PMK meminta Kementerian Agama selaku penyelenggara agar sistem pemondokan 100 persen kontrak jangka panjang untuk menekan biaya.

Puan juga mengingatkan pentingnya keseimbangan gizi pada menu serta mempertimbangkan cita rasa Indonesia dalam penyediaan makanan.  Menteri Puan juga mengingatkan kembali pada Menteri Agama agar terus meminta kepada Pemerintah Arab Saudi untuk turut memperhatikan fasilitas toilet.

Menko PMK meminta agar para calon jemaah haji paham dan siap atas segala tahapan pelaksanaan ibadah haji sesuai dengan kegiatan manasik haji.  Puan memberikan perhatian terhadap kondisi kesehatan para calon jemaah haji asal Indonesia.

Dia mengimbau agar calon jemaah dapat memahami kondisi tubuh mereka masing-masing untuk kemudian melakukan berbagai cara agar kondisi kesehatan serta stamina tetap prima.

Rasa lelah tentu akan muncul. Kesehatan tubuh tetap harus terjaga agar tidak terjadi gangguan kesehatan yang kritis. Saya minta tim tenaga kesehatan terus berkoordinasi hingga nanti para jemaah selesai melaksanakan ibadah hajinya, kata Puan. [Antara]

BAGIKAN