Pimpin EPRA, Sekda minta seluruh SKPD maksimalkan penyerapan anggaran

rayapos.com - farry-liwe maksimalkan penyerapan anggaran
Sekretaris Daerah Minahasa Tenggara Farry Liwe (foto: Rayapos.com/EDWIN HUWAE)

@Rayapos.com | Ratahan: Masih rendahnya penyerapan anggaran yang dilakukan oleh perangkat kerja daerah menjadi perhatian serius Pemerintah Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra).

Hal ini sebagaimana disampaikan Sekretaris Daerah (Sekda) Minahasa Tenggara Farry Liwe, saat memimpin rapat evaluasi Pembangunan dan realisasi anggaran (EPRA) triwulan satu di Ratahan, Kamis (20/4/2017).

Liwe mengatakan, seluruh perangkat daerah wajib memaksimalkan serapan anggaran pada triwulan II tahun 2017.

“Seluruh perangkat daerah pada triwulan II ini sudah wajib dimaksimalkan,” katanya

Menurut Liwe,  berdasarkan realisasi anggaran pada triwulan pertama realisasi anggaran secara keseluruhan Pemkab Minahasa Tenggara yakni 8,1 persen.

“Pada triwulan pertama masih jauh dari target yang seharusnya mencapai angka 15 persen alam realisasi anggarannya,” jelasnya, sembari menambahkan kalau semua perangkat daerah wajib memaksimalkan kegiatan dan proses pencairan anggaran untuk meningkatkan penyerapan anggaran.

“Semua kegiatan yang ada setiap instansi lebih dimaksimalkan, sehinggan serapan anggaran kita akan lebih meningkat pada triwulan dua sampai empat,” ujarnya.

Namun demikian Farry mengatakan, meski memaksimalkan serapan anggaran, para kepala perangkat daerah wajib mengawasi proses pertanggung jawaban anggaran untuk setiap kegiatan.

“Para pejabat wajib juga untuk mengawasi setiap kegiatan dan pertanggung jawaban anggaran sehingga setiap uang negara yang dikeluarkan dapat dipertanggung jawabkan,” ungkapnya.

Sementara itu Asisten Sekda Minahasa Tenggara Bidang Pembangunan dan Perekonomian Robby Ngongoloy mengungkapkan, pihaknya akan melakukan pengawasan secara menyeluruh terkait penyerapan anggaran dan pelaksaan pembangunan.

“Kami akan terus melakukan pengawasan bagi setiap perangkat daerah. Tentunya kalau ada yang kurang maksimal kami akan melakukan evaluasi,” ujarnya.

BAGIKAN