Pemprov Papua Barat siapkan skema penyelesaian sengketa batas wilayah

Wilayah perbatasan. (Foto: Tempo.co)

@Rayapos.com | Manokwari: Pemerintah Provinsi Papua Barat menyiapkan skema baru penyelesaian sengketa batas wilayah kabupaten/kota di daerah ini, kata Pelaksana Tugas Kepala Biro Pemerintahan Papua Barat Baesara Wael, di Manokwari, Selasa.

Menurut Baesara, beberapa kabupaten dan kota di Papua Barat masih saling bersengketa tapal batas.

Namun, Pemprov Papua Barat, katanya lagi, telah menyelesaikan sengketa tersebut. Saat ini, tinggal penandatanganan berita acara.

“Skema yang kami siapkan berupa pembuatan berita acara kesepakatan. Seluruh kepala daerah akan menandatangani berita acara tersebut,” ujarnya pula.

Penandatanganan berita acara itu, katanya lagi, dilaksanakan pada rapat kerja bupati, di Manokwari hari ini.

Pihaknya berharap, skema tersebut bisa menuntaskan persoalan tapal batas yang selama ini belum tuntas.

Dia mengutarakan, kesepakatan serta lampiran berita acara yang telah ditandatangani para kepala daerah akan menjadi dasar penentuan titik koordinat tapal batas antarwilayah.

Baesara menyatakan, penyelesaian tapal batas di daerah tersebut terus difasilitasi pemerintah provinsi. Kepala daerah terkait dinilai kurang berperan.

Hal itu, menurutnya, dinilai menjadi penghambat atas penyelesaian masalah tapal batas di daerah tersebut.

“Kami selalu mengundang seluruh kepala daerah yang bersengketa wilayah. Tapi banyak yang tidak hadir, akhirnya masalah tidak selesai,” katanya pula.

Pada raker tersebut, seluruh kepala daerah terutama daerah yang bersengketa, akan dimintai kesepakatan dalam penentuan waktu dan tempat penyelesaian. [Antara]

BAGIKAN