Pantai tersembunyi berair biru di Mexico

Pantai dengan nama latin “Playa del Amor” yang artinya pantai cinta. Mengpa ini dikenal dengan sebutan pantai tersembunyi karena air biru dari pantai ini berada di bawah tanah. Jika dilihat dari ketinggian akan terlihat seperti sumur raksasa. (Foto: www.kabarbo.com)

@Rayapos.com | Jakarta: Namanya adalah ‘Playa del Amor’. Pantai indah yang tersembunyi ini ada di Kepulauan Marietas terletak di lepas pantai Puerto Vallarta, Meksiko.

Tak jelas mengapa pantai ini diberi nama “Playa del Amor”, yang dalam bahasa latin artinya pantai cinta.  tetapi,  pantai ini menarik perhatian banyak wisatawan.   Mengapa ini dikenal dengan sebutan pantai tersembunyi? Karena pantai dengan air biru nan jernih ini lokasinya berada di bawah tanah. Jika dilihat dari ketinggian akan terlihat seperti sumur raksasa.

‘Playa del Amor’ sendiri diyakini sudah terbentuk berabad-abad yang lalu akibat aktivitas gunung berapi di daerah tersebut.

“Kepulauan Marietas terbentuk ribuan tahun yang oleh aktivitas gunung berapi,” seperti dikutip dari kabarbo.com.

Namun, ada juga yang meyakini, bahhwa tempat ini terbentuk oleh manusia. Dari sejumlah informasi diketahui bahwa, dahulunya pulau ini berpenghuni. Kemudian digunakan pemerintah Mexico sebagai tempat latihan militer sebelum Perang Dunia Pertama.  Pada waktu itu, terjadilah pemboman sehingga terbentuk berbagai gua dan formasi batuan unik lainnya di Kepulauan Marietas.

Akibat digunakan sebagai target latihan, di akhir tahun 1960 pemerintah Mexico menuai banyak kecaman internasional.  Kecaman pertama dilontarkan oleh seorang ilmuwan bernama Jacques Cousteau. Akibatnya,  pemerintah kemudian memutuskan untuk menjadikan pulau itu sebagai taman nasional.

Mexico juga mempunyai beberapa obyek wisata air bawah tanah lainnya. Dikutip dari liputan6.com, tempat-tempat menarik  yang  terkenal di Mexico antara lain goa berair bawah tanah X’Keken, Samula, dan Sagrado.

Jadi jika anda berkunjung ke Mexico, ini bisa menjadi rekomendasi destinasi  yang menyenangkan.

BAGIKAN