Kwik Kian Gie jalani pemeriksaan di KPK soal kasus BLBI

rayapos.com - Kwik Kian Gie
Kwik Kian Gie usai menjalani pemeriksaan di KPK (FOTO: Tribunnews)

@Rayapos.com|Jakarta:  Komisi Pemberantasa Korupsi (KPK) memeriksa Mantan Menteri Koordinator Bidang‎ Ekonomi, Keuangan dan Industri, Kwik Kian Gie sore tadi, Kamis (20/4/2017).

Usai menjalani pemeriksaan di gedung KPK di Jalan Persada Kuningan Jakarta Selatan mengaku diperiksa terkait kasus yang ditangani KPK.

Menurut Kwik, materi pemeriksaannya berkaitan dengan penerbitan Surat Keterangan Lunas (SKL) Bantuan Likuiditas Bank Indonesia (BLBI).

“Saya soal kasus yang sedang disidik dan saya dimintai keterangan karena saya pernah ketika menjabat sebagai Menko kan pernah ada urusan dengan BLBI‎ dan konsekuensinya,” ujar Kwik di KPK.

Sebelumnya, ‎Kwik juga pernah dimintai keterangannya dalam penanganan SKL BLBI beberapa tahun silam oleh penyidik KPK.

Sementara itu, Juru Bicara KPK Febri Diansyah membenarkan adanya pemeriksaan Kwik.

Tapi Febri belum mengetahui secara pasti agenda pemeriksaan pada Kwik.

“Tadi memang ada pemeriksaan (terkait BLBI), namun saya belum dapat informasi lengkap terkait agenda pemeriksaan tersebut, persisnya terkait konteks apa,” terang Febri.

Febri menambahkan KPK memang terus menggali informasi pada tingkat penyelidikan kasus penerbitan SKL BLBI.

“Untuk kasus BLBI, sebelumnya memang KPK melakukan pencarian informasi di tingkat penyelidikan, itu beberapa waktu yang lalu. Nanti kami cek lagi kalau sudah lengkap nanti disampaikan di update berikutnya,” tambahnya.

Untuk diketahui, ‎KPK di era kepemimpinan Agus Rahardjo berjanji akan menyelesaikan pengusutan kasus dugaan korupsi yang sudah lama mandek, seperti BLBI. Kasus lama lainnya yang sudah dituntaskan yakni Hambalang.

BAGIKAN