Kunjungi Indonesia, Raja Salman Akan tandatangani Lima MoU

Menteri Agama (Menag) Lukman Hakim Saifuddin.(Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Dalam kunjungannya selama 9 hari di Indonesia, Raja Arab Saudi Salman bin Abdulaziz al-Saud,  akan melakukan penandatangan lima Memorandum of Understanding (MoU) atau nota kesepahaman dengan Pemerintah Indonesia.

Dari kelima MoU tersebut, dua diantaranya adalah dengan Kementerian Agama.

“Ada lima MoU yang disiapkan dengan pemerintah yang sudah mendapatkan persetujuan dengan pemerintahan Kerajaan Saudi Arabia, dua di antaranya terkait Kementerian Agama,” kata Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin saat ditemui di Gedung DPD RI, Kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Senin (27/2/2017).

Menurut Menag, MoU pertama yang akan ditandatangani adalah menyangkut penyelenggaraan ibadah haji dan umroh.

Sedangkan MoU kedua di bidang pendidikan keagamaan dan peningkatan kerja sama kebudayaan di antara kedua negara.

Lanjut Lukman, terkait penyelenggaraan haji dan umroh, ada beberapa poin kesepahaman yang nantinya akan ditindaklanjuti dengan program-program yang lebih rinci.

“Pada dasarnya, MoU itu untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan ibadah haji dan umroh,” kata Lukman.

Meskipun demikian,  Menag tak merinci apakah MoU tersebut termasuk soal kuota haji. Sebab, beberapa pihak menginginkan agar kedatangan Raja Salman dapat membawa dampak pada peningkatan kuota haji.

Menurutnya, Indonesia baru saja mendapatkan penambahan 10.000 kuota haji dan hanya indonesia negara yang diberi tambahan kuota.

“Jadi kita harus syukuri dulu penambahan kuota. Jangan 10.000 belum dimanfaatkan sudah minta lagi. Tentu kan kita harus menenggang yang lain,” ucap Lukman.

Diketahui, Raja Salman akan berada di Jakarta dari Rabu (1/3/2017) hingga Sabtu (4/3/2017). Selanjutnya, rombongan Raja Salman akan terbang ke Bali untuk berlibur hingga Kamis (9/3/2017).

Lawatan Raja Arab Saudi yang pertama kali sejak 47 tahun ini menyertakan 1.500 orang. Raja Salman akan bertemu Presiden Joko Widodo di Istana Bogor, lalu berkunjung ke Masjid Istiqlal, berpidato di Gedung DPR dan menerima Wakil Presiden RI Jusuf Kalla di Hotel Raffles.

BAGIKAN