KSAU: TNI AU tunggu pembelian pesawat Sukhoi SU-35

rayapos.com - KSAU soal Helikopter AW 101
Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Hadi Tjahjanto. (Foto: kompas.com)

@Rayapos.com | Jakarta: Kepala Staf Angkatan Udara Marsekal TNI, Hadi Tjahjanto mengaku masih menunggu keputusan tentang rencana pembelian pesawat tempur jenis Sukhoi SU-35 buatan Rusia.

“Kita masih menunggu, yang jelas kami sudah menyampaikan terkait kebutuhan TNI Angkatan Udara. Dan kami menunggu keputusan tentang rencana pembelian SU-35,” ungkap Hadi usai memberikan sertifikat penghargaan Welldone kepada dua penerbang jet tempur Sukhoi di Jakarta, Jumat (21/4).

Pada kesempatan yang sama, KSAU mengatakan bahwa pihaknya telah melakukan persiapan mulai dari sumber daya manusia (pilot hingga teknisi) hingga rencana penambahan shelter.

“Konversi penerbang F-5 ke Sukhoi, juga telah dilaksanakan. Dan hampir selesai,” ungkapnya.

Indonesia berniat membeli 10 unit pesawat tempur jenis SU-35 buatan Rusia. Su-35 untuk menggantikan armada F-5E Tiger II TNI-AU yang dianggap sudah uzur.

Penempur Rusia tersebut berhasil menyingkirkan pesaing-pesaingnya yang sebelumnya juga telah mengajukan penawaran kepada pihak Indonesia, seperti Lockheed Martin F-16V, Eurofighter Typhoon, dan JAS32 Grippen.

Pengadaan SU-35 termasuk dalam program jangka dekat TNI AU. Pengadaan jangka dekat di TNI AU saat ini adalah melengkapi pesawat T-50 Golden Eagle dengan radar dan persenjataannya.[*]

BAGIKAN