Korut siapkan serangan nuklir pre-emptive ke AS

rayapos.com - Korut siap luncurkan nuklir pre-emptive ke AS
Menteri Luar Negeri Korea Utara, Han Song Ryol (Foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Ketegangan di semenanjung Korea semakin meningkat pasca uji coba rudal Korea Utara. Dalam sebuah wawancara, Wakil Menlu Korut Han Song Ryol memperingatkan bahwa mereka siap melakukan serangan nuklir pre-emptive.

Serangan tersebut, menurut Menlu Han, akan dilakukan apabila pihak Amerika Serikat menyiapkan serangan ke Korea Utara.

“Jika Amerika Serikat merencanakan serangan militer terhadap kami, maka kami akan merespons dengan serangan nuklir pre-emptive, sesuai dengan gaya dan metode kami,”ungkap Han Dalam ketika diwawancarai wartawan BBC, John Sudworth.

Menurut Han, senjata nuklir yang dimiliki Korea Utara ditujukan ‘untuk melindungi negara’ dari ancaman aksi militer AS. “Jika AS ceroboh dengan melancarkan tindakan militer, itu berarti akan ada perang habis-habisan sejak hari pertama,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, ia juga mengatakan militer Korea Utara akan melakukan uji rudal setiap minggu, bulan, dan tahun.

Beberapa hari yang lalu militer Korea Utara AFP telah menggelar parade militer besar-besaran dengan menampilkan persenjataan serta rudal-rudal yang bisa dimuatin hulu ledak nuklir pada hari Sabtu (15/04).[*]

BAGIKAN