Kapan sih usia yang tepat melepas keperawanan?

rayapos.com - melepas keperawanan

@Rayapos.com | Jakarta: Gairah seksual pada usia muda terkadang tak dapat terkontrol. Telah banyak kasus para remaja putri terjerat pergaulan bebas yang akhirnya merugikan diri sendiri, diantaranya kehilangan keperawanan dan kemungkinan hamil diluar nikah.

Bila dilihat dari secara agama, seks bebas jelas merupakan perbuatan yang dilarang. Pun demikian jika dilihat dari segi kesehatan, melepas keperawanan tidak pada waktu yang tepat justru sangat berisiko.

Melepas keperawanan pada usia yang belum matang dikhawatirkan dapat menimbulkan risiko infeksi menular seksual, kehamilan tak diinginkan, hingga kanker serviks.

Nah, bagi kamu yang kepo kapan sebenarnya waktu yang tepat untuk melepas keperawanan? Berikut penjelasan dari para ahli, sebagaimana dirangkum redaksi dari laman Boldsky.

Seorang pakar merekomendasikan kepada para remaja, sebaiknya menunda pengalaman pertama berhubungan seks hingga otak berkembang sepenuhnya.

Menurutnya, berhubungan seks untuk pertama kali bukan hanya sebatas kontak antar organ intim namun juga melibatkan pikiran, emosi, perasaan dan kepercayaan dari dua insan manusia.

Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan pada laki-laki dan perempuan, menemukan jika 50 persen kaum hawa mengaku bahwa usia 25 tahun merupakan waktu yang tepat untuk melepasnya, sedangkan 62 persen laki-laki menganggap usia 23.

Sementara responden lainnya yang melakukan hubungan seks pada usia belasan tahun mengaku berani melepasnya, karena pengaruh alkohol atau rayuan dari lawan jenisnya.

Oleh karenanya, para ahli berkesimpulan dan menilai bahwa usia 25 tahun merupakan waktu yang tepat bagi seseorang untuk melepas keperawanan pertama kalinya dengan pasangan yang mereka cintai.[*]

BAGIKAN