Jangan Simpan Cokelat di Dalam Kulkas

rayapos.com - cokelat
Coklat (Foto: Ilustrasi)

@Rayapos | Jakarta: Kulkas ternyata bukanlah tempat terbaik untuk menyimpan cokelat bila Anda ingin camilan kesukaan itu tetap terasa lezat. Lalu, di mana tempat yang tepat untuk menyimpan makanan pembawa kebahagiaan itu?

Berikut adalah panduan menyimpan berbagai jenis coklat seperti dilansir Mail Online.
 
Cokelat batangan 
Simpan di ruangan sejuk dengan suhu antara 15 derajat Celcius dan 21,1 derajat Celcius. Jauhkan dari sinar matahari, lemari dapur yang sejuk bisa jadi tempat ideal.
Bila dapur Anda terlalu panas, kulkas bisa jadi pilihan terakhir tapi pastikan Anda membungkus coklat rapat-rapat agar bau, rasa dan tekstur coklat tidak berubah.
Coklat pekat (dark chocolate) bisa disimpan hingga dua tahun, sementara coklat putih dan coklat susu bisa bertahan hingga setahun.
Cokelat chip
Coklat chip mengandung cocoa butter yang lebih sedikit ketimbang cokelat biasa, jadi coklat chip bisa disimpan di tempat dengan temperatur lebih tinggi. Tapi lebih baik letakkan di tempat yang punya temperatur ideal untuk menyimpan coklat batangan, juga jauhkan dari sinar matahari.
Coklat chip bisa disimpan hingga dua tahun sebelum kualitasnya menurun.
Cokelat truffle
Simpan di ruangan bersuhu sejuk, jauh dari sinar matahari dan dalam lemari gelap. Jika Anda membuatnya sendiri menggunakan krim segar, masukkan ke dalam kontainer kedap udara di dalam kulkas.
Coklat truffle yang dibeli di toko bisa bertahan hingga masa kedaluwarsa, sementara yang dibuat sendiri bisa bertahan hingga tiga hari dalam kulkas.
Bubuk kakao
Tempat sejuk dengan suhu ruangan dan gelap adalah lokasi terbaik menyimpan bubuk kakao. Simpan dalam tempat kedap udara dan jangan taruh di dalam kulkas.
Bubuk ini bisa bertahan hingga dua tahun. [ant]
BAGIKAN