Ingin Tetap Cantik Dan Bugar? Mulailah Konsumsi Daun Kale

Kale (Foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Pernah mendengar sayuran Kale? Mungkin memang belum banyak yang tahu tentang jenis sayuran yang satu ini.

Kale (Brassica oleracea acephala) adalah jenis sayuran hijau yang masih dalam satu golongan dengan kubis, kailan, bungkul, dan brokoli.

Kale sangat disarankan untuk dikonsumsi demi kesehatan. Di Eropa, Amerika, dan Jepang, kale sangat popular. Bahkan disebut sebagai “Ratu Sayuran” karena memiliki kandungan nutrisi yang sangat tinggi.

Sayuran keriting ini memiliki beberapa jenis dan variasi, ada yang berwarna hijau dan ada pula yang berwarna ungu kebiruan. Di Indonesia, kale dapat ditemukan di dataran tinggi, seperti Bogor atau Bandung.

Kale memiliki hampir semua jenis vitamin dan kaya akan berbagai kandungan mineral penting seperti zat besi, mangan, magnesium, fosfor, dan garam(Na, K, dan Zn). Biasanya kale dikonsumsi sebagai jus atau smoothies.Bahkan ada juga yang mengkonsumsinya dalam bentuk  cemilan  berbahan dasar  daun kale.

Ingin tahu lebih banyak tentang  manfaat dan kasiatnya?  Berikut  7 (tujuh)  manfaat kale untuk kesehatan;

1.Baik untuk Jantung

Kale hanya memiliki 35 kalori dan tanpa kandungan lemak. Karena  kandungan lemaknya nol, maka  Kale sangat membantu menurunkan kolesterol tinggi dan menyehatkan bagi jantung anda.

2.Baik untuk Kesehatan Mata

Dikutip dari laman kinisehat.com, setiap 100 gram daun kale mengandung vitamin A sebesar 9500 IU. Jumlah ini sangat tinggi dan telah memenuhi kebutuhan vitamin A harian. Vitamin A dibutuhkan tubuh untuk menjaga kesehatan penglihatan. Zeaxanthin dalam sayur kale diperlukan oleh retina sebagai antioksidan dan pelindung mata. Dengan mengkonsumsi sayur kale secara teratur dapat mencegah katarak pada orangtua.

3.Tinggi Vitamin C

Kale ternyata memiliki kandungan vitamin C lebih tinggi dari jeruk.  Setiap 100 gr daun segar kale mengandung 120 mg atau setara dengan 200 % kebutuhan harian vitamin C yang disarankan. Vitamin C merupakan antioksidan kuat, yang membantu tubuh untuk mengembangkan kekebalan terhadap agen infeksi dan anti radikal bebas.

4.Tinggi Kalsium

Kale sangat bermanfaat untuk kesehatan tulang karena memiliki kandungan kalsium yang tinggi.

5.Mencegah Kanker dan Alzheimer

Kale kaya akan fitonutrien dan vitamin K. Kedua nutrisi ini efektif untuk mencegah kanker, dan baik untuk pencernaan. Vitamin K juga penting untuk mencegah pembekuan darah, yang dapat memicu kerusakan saraf di otak seperti pada penyakit Alzheimer.

6.Sumber Mineral Baik

Kale memiliki kandungan mineral yang tinggi. Nutrisi ini sangat penting untuk kesehatan tulang dan berperan dalam segala macam fungsi sel.

7.Untuk Kecantikan

Kale yang rendah kalori dan gula ini dapat membantu dalam proses penurunan berat badan. Sayuran yang tinggi serat dan rendah lemak ini dapat dijadikan sebagai makanan diet terbaik. Kale juga memiliki jumlah omega 3 dan vitamin E yang berlimpah yang baik untuk meningkatkan kesehatan rambut dan kulit.

Mengkonsumsi kale dalam jumlah yang banyak tidak berbahaya, tetapi tidak dianjurkan bagi orang yang memiliki masalah dengan kelenjar tiroid dan batu ginjal. Hal ini disebabkan karena kale mengandung glucosinolate yang dapat memperbesar kelenjar tiroid dan asam oksalat yang kurang baik bagi penderita batu ginjal.

BAGIKAN