Inflasi Manado tinggi, rapat TPID harus diintensifkan

ilustrasi kenaikan harga(foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Manado: Rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID) Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) harus semakin diintensifkan mengingat inflasi Kota Manado saat ini cukup tinggi.

“Inflasi Kota Manado tahun kalender sebesar 2,51 persen dan inflasi tahunan atau “year on year sebesar 3,93 persen,” kata Deputi Direktur Advisory dan Pengembangan Ekonomi Buwono Budi Santoso di Manado, Jumat (21/4/2017).

Dia mengatakan, inflasi tahun 2017 ditargetkan tidak melampaui 4 plus minus satu persen.

“Tapi melihat inflasi di awal tahun yang cukup tinggi, membuat inflasi secara YonY Kota Manado sudah mencapai 3,93 persen, ini harus menjadi perhatian serius,” jelasnya sembari menambahkan, perhatian tersebut dengan melakukan terobosan-terobosan yang mampu menekan angka inflasi lebih tinggi lagi.

Ia menjelaskan upaya penguatan sinergi dan perumusan strategi pengendalian inflasi Sulut di tahun 2017. Komitmen TPID akan menekan laju inflasi 2017 dengan mensinergikan program kerja seluruh instansi yang tergabung dalam organisasi tersebut.

“Program-program kerja antar instansi harus bersinergi agar selaras dan efektif dalam mencapai sasaran inflasi yang rendah dan stabil di Sulut,” jelasnya.

Memang, katanya, TPID tetap perlu waspada karena tekanan inflasi pada 2017 ada risiko meningkat.

“Karenanya, diperlukan penguatan koordinasi dan sinergi antar-anggota TPID, agar sasaran inflasi yang telah ditetapkan dapat tercapai sesuai target,” pungkasnya.

 

BAGIKAN