Gelar ‘Kartini Flight’, Garuda dipuji Yohana Yembise

Penerbangan GA 164 yang tiba di Bandara Internasional Minangkabau, mendapat sambutan meriah dari Ground Staff & Putri Minang. (Foto: @IndonesiaGaruda)

@Rayapos.com|Jakarta:   Menandai Hari Kartini, maskapai penerbangan Garuda Indonesia mengadakan penerbangan khusus ‘Kartini Flight’ dengan keseluruhan awak perempuan.

‘Kartini Flight’ dengan nomor penerbangan GA 167 rute Padang – Jakarta itu diterbangkan oleh Kapten Ida Fiqriah yang merupakan kapten perempuan pertama yang di Garuda Indonesia.

Ida Fiqriah  sudah 18 tahun berprofesi sebagai pilot dan ia resmi diangkat sebagai kapten dua minggu yang lalu. Sementara Sari Ardisa duduk disebelahnya sebagai co-pilot.

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Yohana Yembise yang mendapat kesempatan terbang dengan  “Kartini Flight” Garuda Indonesia, saat pulang dari kunjungannya di Sumatera Barat, Jumat, 21/4/2017, memberikan apresiasi yang tinggi kepada Garda Indonesia khususnya awak pesawat ‘Kartini Flight’ tersebut.

Yohana mengatakan adanya kapten perempuan tersebut telah membuktikan bahwa perempuan telah membuktikan dirinya dapat bersaing dengan laki-laki.

“Garuda Indonesia telah menerapkan kesetaraan gender, apalagi saya dengar 50 persen direksi dan karyawan Garuda Indonesia adalah perempuan. Ini dapat dijadikan role model bagi perusahaan lain,” kata Yohana saat menunggu keberangkatan pesawat.

Sebelum berangkat, Garda Indonesia memberikan setangkai bunga untuk penumpang perempuan.

Penerbangan yang ditempuh dua setengah jam tersebut berjalan mulus meski cuaca sedang buruk.

Saat mendarat di Bandara Soekarno Hatta, para penumpang memberikan tepuk tangan kepada Kapten, Co-pilot beserta awak kabin yang lain.

Yohana pun sempat berbincang-bincang dan foto bersama dengan Kapten dan Co-pilot.

Menteri Pemberdayaan Perempuan, Ibu Yohana Yembise ikut dalam "Kartini Flight" (Foto: @IndonesiaGaruda)
Menteri Pemberdayaan Perempuan, Ibu Yohana Yembise ikut dalam “Kartini Flight” (Foto: @IndonesiaGaruda)

Direktur Sumber Daya Manusia dan Umum Garuda Indonesia Sari Suharso mengungkapkan melalui “Kartini Flight” ini Garuda Indonesia mengajak seluruh perempuan di Indonesia untuk terus berprestasi dan mengaktualisasikan diri tanpa batasan tertentu.

“Spirit tersebut kami representasikan melalui kehadiran pilot, awak kabin hingga release-woman yang semuanya perempuan pada penerbangan GA 167 dengan rute Padang – Jakarta ini,” kata Sari.

Garuda Indonesia Group saat ini telah memiliki lebih dari 4500 karyawan perempuan yang terdiri dari petugas lapangan, teknisi pesawat, co-pilot, kapten pilot hingga profesi lainnya.

Perempuan yang bekerja sebagai pilot sendiri mencapai 39 pilot perempuan, dimana 31 pilot di Garuda Indonesia dan 8 pilot di Citilink.

Sementara di GMF-Aeroasia sendiri tercatat memiliki 357 orang karyawati dimana 97 karyawati bekerja di lapangan sebagai teknisi dan engineer.

Selain itu GMF-Aeroasia juga memiliki lima orang releaseman perempuan yang berlisensi berbagai jenis pesawat yang dikuasainya.

BAGIKAN