DPP Demokrat Kalsel harapkan kejayaan parpol dapat kembali

Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Kalimantan Selatan Fikri. (Foto: Tribunnews.com)

@Rayapos.com | Banjarmasin: Ketua Dewan Pimpinan Daerah Partai Demokrat Kalimantan Selatan Fikri mengharapkan, ke depan kepemimpinan partai politik tersebut mampu mengembalikan kejayaan parpol berlambangkan gambar bintang bersinar tiga arah berwarna merah dan putih itu.

Ia mengemukakan harapan sebelum jumpa pers di Sekretariat Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Demokrat Kalimantan Selatan (Kalsel) di Banjarmasin, Jumat untuk menghadapi Musyawarah Daerah (Musda) partai politik (parpol) tersebut tingkat provinsi itu.

Ia menyatakan, dirinya tidak mencalonkan lagi sebagai Ketua DPD Partai Demokrat tingkat provinsi yang terdiri atas 13 kabupaten/kota itu, yang Musda III untuk pemilihan ketua tersebut, 18 Maret 2017.

“Cukup satu periode saja menjadi Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel, dengan alasan antara lain guna kelangsungan regenerasi atau kesinambungan kepemimpinan parpol besutan mantan Presiden Republik Indonesia Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) tersebut,” katanya.

Guna kesinambungan kepemimpinan Partai Demokrat Kalsel serta mampu mengembalikan kejayaan parpolnya di provinsi ini, menurut dia, figur ketua DPD mendatang harus memiliki kemampuan mengendalikan, menata dan mengatur organisasi, baik internal maupun untuk keperluan eksternal.

“Hal lain tidak kalah penting sebagai penunjang kegiatan/jalannya organisasi, yaitu memiliki kemampuan finansial,” lanjut Fikri yang kini Ketua Fraksi Partai Demokrat DPRD Kalsel dan beranggotakan empat orang.

Pasalnya ke depan atau menghadapi Pemilihan Umum (Pemilu) legislatif 2019 tantangan semakin berat, karena itu kepemimpinan Partai Kalsel harus orang betul-betul mempunyai kemampuan segala-galanya jika memungkinkan.

“Tetapi setidaknya memiliki kemampuan finansial dan mensinergikan semua potensi kekuatan guna menghadapi tantangan pada Pemilu legislatif (Pileg) 2017, yang tinggal dua tahun lagi dan dengan perjalanan waktu tidak akan terasa,” demikian Fikri.

Pada kesempatan terpisah, H Rusian, seorang figur yang mau mencalonkan Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel periode 2017 – 2022 berkeinginan mengembalikan kejayaan Partai Demokrat di provinsinya.

Oleh sebab itu yang bersangkutan mau mencalonkan Ketua DPD Partai Demokrat Kalsel untuk periode tahun ke depan, tutur mantan Ketua DPRD Kota Banjarmasin tersebut.

“Saya sedih kalau parpolnya pernah berjaya di Kalsel sampai terpuruk,” lanjut seorang pengusaha yang terkenal di “kota seribu sungai” Banjarmasin itu saat bertandang ke kediaman H Fikri (Ketua DPD Partai Demokrat provinsi tersebut) di Komplek Permata Bunda Jalan A Yani Km8.

Oleh karena itu dia bertekad, dengan segala daya upaya dan kemampuan, disertai dukungan kader-kader Partai Demokrat lainnya, membesarkan kembali atau mengembalikan kejayaan parpol tersebut di Kalsel.

Sepanjang sejarah keberadaan Partai Demokrat di Kalsel pernah mencapai kejayaan pada Pemilu 2009, menempati urutan kedua dalam meraih kursi keanggotaan DPRD provinsi itu.

Kemudian hasil Pemilu 2014 perolehan Partai Demokrat pada DPRD Kalsel mengalami penurunan drastis dari sembilan, tinggal empat orang saja atau hampir tidak mencapai satu fraksi berdiri sendiri.

Pada Musda III Partai Demokrat Kalsel di Hotel G’Sign Banjarmasin itu akan hadir dari Dewan Pimpinan Pusat (DPP) parpol tersebut/Ketua Badan Pembinaan Organisasi, Keanggotaan & Kaderisasi (BPOKK) Pramono Edhie Wibowo. [Antara]

BAGIKAN