Dondokambey: dianggarkan 1,1 triliun, penggunaan Dandes harus optimal

rayapos.com - Olly Dondokambey - dana desa harus optimal
Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey (Foto: Rayapos.com/EDWIN HUWAE)

@Rayapos.com | Manado: Agar penggunaan Dana Desa (Dandes) optimal, diperlukan pemahaman menyeluruh terkait aspek pentingnya penggunaan dandes tersebut, terutama ketentuan atau aturan yang mengikat.

Hal ini disampaikan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey, saat diwawancarai awak media, terkait anggaran Rp 1,1 triliun yang dialokasikan untuk program dana desa (dandes).

“Khususnya bagi pemerintah daerah kabupaten/kota. Dandes ini dianggarkan untuk 74.093 desa. Dan di Sulut, kita dapat jatah 1.508 desa,” ujar Dondokambey, di Kantor Gubernur Sulut, Jumat (21/4/2017).

Lebih lanjut, mantan Wakil Ketua Banggar DPR RI ini menjelaskan, empat tujuan penggunaan dandes yang bersumber dari APBN itu di antaranya bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan dan pemerataan pembangunan, memajukan perekonomian, mengatasi kesenjangan pembangunan dan memperkuat masyarakat desa sebagai subjek pembangunan.

Sementara itu, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Daerah (PM-DD) Sulut Roy Mewoh menambahkan, untuk dandes saat ini sudah yang tersalurkan.

“Memang semuanya bertahap. Dan ada beberapa kabupaten / kota yang melaporkan sudah menyalurkan dandes,” ucap Mewoh, sembari menambahkan kalau dandes setiap kabupaten dan kota dianggarkan berbeda-beda.

“Yang pasti, untuk anggaran Rp 1,1 triliun ini kami maksimalkan untuk bisa tersalurkan dan tepat sasaran,” pungkas Mewoh.

BAGIKAN