BPJS Bengkulu gelar pemeriksaan IVA gratis

rayapos.com - dropbox pendaftaran peserta BPJS Kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar pemeriksaan gratis Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) - kanker serviks - diskriminatif - inovasi - kepesertaan - tunggakan - Minahasa - hidup sehat - berkas kerja sama - BPJS Kesehatan Kupang
BPJS Kesehatan (Foto: Rayapos.com)

@Rayapos.com | Bengkulu: BPJS Kesehatan Provinsi Bengkulu menggelar pemeriksaan gratis Inspeksi Visual Asam Asetat (IVA) dan PAP Smear pada peringatan hari Kartini 21 April 2017.

Kepala Unit Hukum, Komunikasi Publik dan Kepatuhan BPJS Kesehatan Cabang Bengkulu, Risca Aprilia, di Bengkulu, Jumat, menyebutkan, pemeriksaan IVA atau PAP Smear itu bertujuan pendeteksian dini kanker leher rahim.

“Masyarakat tinggal datang ke puskesmas atau laboratorium yang terdaftar di BPJS Kesehatan. Dengan menunjukkan kartu BPJS maka akan mendapatkan pemeriksaan gratis,” kata dia.

Kegiatan yang berlangsung pada 21 April 2017 ini dapat diakses masyarakat di puskesmas yang menyediakan pengecekan yang ada di Kota Bengkulu, Kabupaten Seluma, Kaur, Bengkulu Tengah dan Bengkulu Selatan, Mukomuko, Bengkulu Utara, Rejang Lebong, Lebong dan Kepahiang.

Sementara itu, untuk “Gebyar Pemeriksaan IVA dan PAP Smear Provisi Bengkulu” sendiri kata Risca akan digelar di Puskesmas Sidomulyo, Kota Bengkulu pada 25 April 2017.

“Juga ada satu laboratorium yang menyediakan pelayanan PAP Smear di Kota Bengkulu,” kata dia lagi.

Pemeriksaan dini terhadap kanker leher rahim atau yang biasa dikenal masyarakat dengan kanker serviks ini sangat diperlukan sebagai tindakan preventif.

Jika terlambat terdeteksi maka risiko kematian bagi perempuan yang mengidap kanker leher rahim ini akan semakin tinggi.

“Ayo maksimalkan, untuk pemeriksaan IVA atau PAP Smear dijamin oleh BPJS Kesehatan satu tahun sekali,” ujarnya. [Antara]

BAGIKAN