Awas, Jangan Asal Pilih Kacamata Hitam

Pemilihan kacamata hitam yang tepat bisa mengurangi resiko kerusakan mata (Foto: Istimewa)

@Rayapos | Jakarta: Kacamata hitam atau Sunglasses selalu kita digunakan jika berolahraga seperti jogging atau bersepeda, bahkan kacamata ini sangat pas jika berpergian ke pantai.

Selain untuk menghindari silau matahari dan mengurangi efek buruk radiasi sinar ultraviolet pada mata, kacamata ini asik untuk berjalan-jalan agar terlihat lebih stylish

Saat ini begitu banyak merek dan jenis sunglasses yang dijual di pasaran. Jadi Anda harus jeli sebelum memutuskan untuk membelinya, karena jika salah justru kacamata ini akan merusak matamu.

Dikatakan James Hadisurjo selaku Managing Director Bridges Eyewear, untuk memilih kacamata hitam sebaiknya tidak sembarangan.

“Usahakan membeli kacamata hitam yang sudah dilapisi dengan anti UV yang bisa menangkal radiasi sinar ultraviolet,” ujar James.

James menjelaskan, kacamata dengan Anti UV adalah salah satu standar keamanan yang digunakan di seluruh dunia. Biasanya informasi ini akan tertera pada stiker ujung kacamata atau pada kemasan luar.

“Meskipun gelap, tidak semua kacamata memakai coating Anti UV. Ini bisa membahayakan jika dibiarkan terus menerus, salah satunya kerusakan retina,” ungkapnya.

Bahkan, kata James, mata juga bisa mengalami photokeratitis akibat kornea yang terbakar sinar UV. Photokeratitis akan menimbulkan rasa sakit pada mata dan mata bisa menjadi sensitif akibat cahaya.

“Jadi jangan hanya membeli kacamata hitam hanya melihat modelnya saja, tapi kita juga harus lebih berhati-hati membeli kacamata hitam agar tidak membuat mata rusak,” pungkas James.[*]

BAGIKAN