Apple Tambahkan Dialek Shanghai Untuk Siri

rayapos.com - iPhone
Gedung Apple Inc. (Foto: Istimewa)

@Rayapos | San Francisco: Siri, salah satu perintah suara yang pertama muncul, akan dikembangkan untuk mengenali bahasa China atau dialek Wu, yang hanya dipakai di sekitar Shanghai.

Dikutip dari Reuters, peneliti termasuk CEO Allen Institute untuk Artificial Intelligence di Seattle (Amerika Serikat), menyatakan Apple kurang baik dalam mengenali suara dan menjawab pertanyaan.

Siri berbicara dalam 21 bahasa yang dilokalisasi untuk 36 negara, kemampuan yang sangat penting dalam pasar ponsel pintar yang paling banyak dijual di luar AS.

Microsoft Cortana, sebagai perbandingan, punya delapan bahasa untuk 13 negara.

Google Asssistant, yang dimulai di ponsel Pixel sebelum akhirnya masuk ke perangkat Android, berbicara empat bahasa.

Alexa dari Amazon hanya berbahasa Inggris dan Jerman.

Bahasa menjadi salah satu masalah yang harus diperhatikan bila ingin menjadi perangkat untuk mengoperasikan ponsel pintar maupun alat lainnya.

Berbicara bahasa asli adalah hal rumit untuk teknologi asisten.

Di Microsoft, tim editorial berisi 29 orang bekerja untuk menyesuaikan Cortana untuk pasar lokal.

Google dan Amazon menyatakan mereka akan memperkaya bahasa namun menolak menjelaskan lebih jauh.

Apple mulai menambah bahasa dengan mempekerjakan manusia untuk membaca beberapa paragraf dalam berbagai aksen dan dialek. Paragraf tersebut kemudian ditranskripsi sehingga komputer mendapat gambaran persis teks yang disuarakan, kata Alex Acero selaku kepala tim pidato di Apple.

Apple juga menangkap bunyi dari berbagai jenis suara, untuk membentuk model akustik yang digunakan untuk memprediksi rentetan kata.

Lalu, Apple akan mengerahkan “modus dikte”, penerjemah teks-suara, dalam bahasa baru, kata Acero.

Saat pelanggan memakai dikte, Apple menangkap persentase kecil dari rekaman suara dan membuatnya anonimus.

Rekaman tersebut, dilengkapi dengan latar bising dan kata-kata yang tidak jelas, akan ditranskripsi oleh manusia. Proses ini untuk membantu mengurangi rasio kesalahan.

Setelah data yang dikumpulkan cukup dan suara aktor sudah direkam untuk bahasa baru Siri, perintah suara itu akan mengeluarkan jawab yang diperkirakan Apple sebagai pertanyaan yang paling umum. [Antara]

BAGIKAN