5 Pelajaran Hidup Dalam Film La La Land

rayapos.com - LA LA LAND masuk nominasi Oscar
Film La La Land yang berhasil meraih penghargaan di ajang Golden Globes 2017 {Foto: The Korean Foreigner)

@Rayapos | Jakarta: Film La La Land yang sedang tayang di beberapa bioskop Indonesia memang tengah menyita perhatian dunia. Film besutan sutradara Damien Chazelle ini berhasil meraih banyak penghargaan di ajang Golden Globes 2017.

Film La La Land sendiri berkisah tentang seorang musisi dan calon aktris yang bertemu dan jatuh cinta di Los Angeles. Itulah satu alasan film ini juga wajib banget ditonton sama kamu yang sedang meniti karier dan mengejar impian.

Biar nggak makin penasaran, yuk kita bedah beberapa pelajaran hidup yang bisa kamu petik dari film yang dibintangi Ryan Gosling, Emma Stone, John Legend, dan Rosemarie DeWitt.

1. Hidup itu sulit ditebak

Perjalanan hidup Mia yang diperankan oleh Emma Stone dan Sebastian yang diperankan oleh Ryan Gosling begitu nyata dan relevan dengan kehidupan sehari-hari, di mana kadang kita merasa bahwa pekerjaan yang kita jalani amat buruk dan selalu ada hal yang ingin dicapai.

Dalam mewujudkan mimpi tersebut, semuanya nggak akan berjalan mulus. Bahkan nggak jarang harus mengorbankan beberapa hal, termasuk percintaan. Namun ketika suatu hari nanti kamu sudah berada di posisi yang kamu inginkan, kamu akan berpikir seandainya kamu mengambil pilihan hidup yang lain, akankah kamu lebih bahagia atau justru merasa kecewa.

2. Ketika idealisme berbenturan dengan kebutuhan
Impian Sebastian adalah mendirikan bar sendiri sehingga dia bisa bermain musik jazz klasik sesuai keinginan dan gayanya, nggak seperti pekerjaan yang dia jalani sekarang sebagai pemain keyboard paruh waktu yang bertentangan dengan dirinya. Namun demi mewujudkan impiannya, Sebastian terpaksa bergabung dengan sebuah band dan menjalankan tur demi bisa mengumpulkan banyak uang.

Di sini, kamu bisa melihat contoh ketika idealisme yang kamu punya terpaksa dipendam demi memenuhi kebutuhan hidup. Namun bukan berarti kamu harus melupakan mimpimu. Justru mengingat tujuan hidup adalah cara untuk menjalani apa yang nggak kamu suka dengan lebih mudah.

3. Jangan menyerah ketika kamu merasa kecewa
Disini kamu akan melihat semangat Mia yang amat tinggi untuk menjadi seorang aktris setelah berkali-kali ditolak saat casting. Namun di saat dia berhasil membuat pertunjukan seorang diri, dia harus menghadapi kenyataan bahwa usaha yang dia lakukan selama ini nggak cukup membuat orang lain senang.

Merasa amat kecewa dengan opini orang lain, Mia memutuskan untuk mengubur mimpinya sebagai aktris. Perasaan kecewa dengan diri sendiri itu wajar, namun itu adalah proses untuk menjadi lebih baik. Ketika Sebastian meminta Mia untuk memenuhi panggilan casting untuk terakhir kalinya, Mia nggak pernah menyangka bahwa casting terakhirnya adalah awal dari kesuksesan besarnya.

4. Menciptakan peluang untuk mimpimu
Salah satu adegan yang menarik banget, ketika Mia curhat tentang pengalaman mengikuti casting yang selalu gagal, Sebastian meyakinkan Mia bahwa dia akan menjadi aktris yang hebat. Maka dari itu, Sebastian menyarankan Mia untuk berhenti mengikuti casting dan membuat pertunjukan sendiri.

Mia yang menyambut baik saran tersebut segera mengundurkan diri dari kafe tempat dia bekerja dan merancang pertunjukannya sendiri. Jika dipikir-pikir, apa yang disampaikan Sebastian itu ada benarnya lho. Ketika kamu kecewa dengan proses yang nampaknya nggak akan memberikanmu hasil yang baik, nggak ada salahnya untuk membuka peluang sendiri.

5. Menjalani hidup dengan senang
Dalam menjalani hidup tentu ada saat ketika kamu merasa down, terpuruk dan apapun yang terjadi seolah bukan keinginanmu. Namun kunci dari bertahan hidup adalah menjalani dan menikmati setiap masalah dengan senang.

La La Land bukan hanya drama musikal yang penuh keriangan, tapi secara tidak langsung film tersebut juga mengajarkan kita bahwa hidup harus dijalani dengan riang, apapun masalah yang kamu hadapi.[*]

BAGIKAN