KPU DKI Jakarta: hasil rekapitulasi putaran kedua 1 Mei 2017

Ketua KPUD DKI Jakarta Sumarno (Foto: Istimewa)

@Rayapos.com | Jakarta: Jika tidak ada gugatan ke Mahkamah Konstitusi (MK), Komisi Pemilihan Umum (KPU) Provinsi DKI Jakarta akan menetapkan hasil rekapitulasi Pilkada putaran kedua pada Senin (1/5) mendatang.

“Nanti prosedurnya, begitu tanggal 1 Mei KPU DKI Jakarta menetapkan hasil rekapitulasi, maka ada waktu 3 hari bagi pasangan calon yg menyatakan keberatan terhadap hasil perolehan suara dan mengajukan gugatan ke MK,” jelas Sumarno di Hotel Bidakara, Jakarta Selatan, Jumat (21/4).

Namun, kata Sumarno, jika nantinya ada gugatan dari Mahkamah Konstitusi (MK) maka penetapannya akan diundur hingga adanya putusan dari MK.

“Kalau nanti ada gugatan ke MK, maka penetapan Gubernur dan Wagub terpilih menunggu hasil sidang di MK, nanti apa amar putusan di MK itu yg akan dilaksanakan KPU,” tegasnya.

Pada kesempatan yang sama, Sumarno juga menuturkan jika tidak adanya gugatan dari MK maka penetapan Gubernur DKI Jakarta akan berlangsung sesuai yang direncanakan KPU DKI Jakarta.

“Tetapi jika tak ada gugatan ke MK, maka penetapan Gubernur dan Wagub tetap akan dilaksanakan tanggal 4 Mei,” tukasnya.[*]

BAGIKAN